Apa Sih Perbedaan Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut dan Sekolah Tinggi?

cakupan_rumpun_ilmu_perguruan_tinggi_akademik

Sobat iCampers pasti banyak yang bertanya-tanya apa sih perbedaan akademi, politeknik, sekolah tinggi dan universitas. Kira-kira di antara ke-5 perguruan tinggi mana yang lebih baik? Yuk sobat simak ulasan singkatnya (diolah dari berbagai sumber).

  1. Akademi

Akademi berfokus dibidang ilmu tertentu saja dan termasuk dalam sistem vokasi. Akademi berasal dari bahasa yunani yaitu akademia yang merupakan suatu institusi pendidikan tinggi, penelitian ataupun keanggotaan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disebutkan bahwa akademi merupakan lembaga pendidikan tinggi, kurang lebih 3 tahun lamanya, yang mendidik tenaga professional. Nah, sobat dari pengertiannya saja sudah bisa dibayangkan kan bagaimana sistem di akademi? Di akademi biasanya sistem kredit semesternya (SKS) sudah dipaket untuk waktu tertentu 1 tahun untuk D1, 2 tahun untuk D2, dan 3 tahun untuk D3. Untuk gelar biasanya sesuai tingkatan secara berturut-turut dari D1-D3 gelar yang dianugerahkan untuk lulusan yaitu Ahli Pratama (A.P), Ahli Muda (A.Ma.), dan Ahli Madya (A.Md.). Pimpinan tertinggi biasanya disebut direktur. Contoh akademi seperti akademi pariwisata, akademi keperawatan dan akademi kepolisian.

  1. Politeknik

Politeknik mungkin sepintas dapat ditebak ‘poly’ artinya banyak. Ya, politeknik juga berkaitan dengan hal-hal yang bersangkutan dengan pengajaran keterampilan dan ilmu-ilmu terapan. Politeknik hampir sama dengan akademi hanya saja di politeknik jurusannya lebih banyak seperti di Politeknik Kesehatan terdapat jurusan keperawatan, kebidanan, farmasi, keperawatan gigi, gizi, kesehatan lingkungan dan analisis kesehatan. Selain itu, di politeknik jenjang pendidikannya bisa sampai D4 loh, gelar ini disetarakan dengan S1 dengan gelar Sarjana Terapan. Pimpinan tertinggi disebut direktur politeknik. Contoh : Politeknik Negeri Kupang, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

  1. Sekolah Tinggi

Merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan ilmiah dan atau pendidikan professional dalam satu disiplin ilmu tertentu. Di sekolah tinggi dapat terdiri dari 1 jurusan saja atau beberapa jurusan tertentu yang masih dalam disiplin ilmu yang sama. Seperti contoh Sekolah Tinggi Ilmu Eknonomi (STIE) terdiri dari jurusan akuntansi , manajemen, dan program profesi akuntan. Sekolah tinggi biasanya terdiri dari jenjang pendidikan vokasi hingga akademik atau dari diploma hingga doctor. Beberapa sekolah tinggi memberlakukan sistem ‘accelerate’ atau percepatan, dalam konteks ini bila IPK memenuhi persyaratan maka diperbolehkan mengambil SKS (sesuai ketetapan) lebih dengan tujuan waktu kuliahnya lebih singkat. Namun masih banyak juga yang memberlakukan sistem paket. Pimpinan tertinggi biasanya disebut ketua. Contoh sekolah tinggi di Indonesia yaitu STIESIA Surabaya, STIBA Bandung dan STIKES.

  1. Institut

Institut merupakan skala yang lebih besar dibandingkan sekolah tinggi. Dalam hal ini kalau sekolah tinggi hanya 1 fakultas maka institut terdiri dari beberapa fakultas namun masih dalam satu kelompok ilmu pengetahuan. Sama seperti sekolah tinggi pendidikan di institut terbagi dalam pendidikan vokasi dan akademik. Contoh institut yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Institut Pertanian Bogor.

  1. Universitas

Universitas berasal dari bahasa latin yaitu universitas magistrorum et scholarium yang berarti komunitas guru dan akademisi. Filosofi universitas yakni Unity in Diversity. Universitas merupakan suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Sebuah universitas juga menyediakan pendidikan vokasi dan akdemik. Di universitas kamu akan menemukan begitu banyak jurusan tentu saja karena universitas terdiri dari beberapa fakultas dan setiap fakultas memiliki masing-masing jurusan. Tentu saja kamu bisa melakukan percepatan di universitas bila ingin segera mendapat gelar diusia muda. Sekedar info bahwa universitas pertama di dunia menurut Guiness World yaitu University of Bologna yang dibangun pada tahun 859 AD./1088. Di universitas pemimpin tertinggi disebut rektor. Beberapa universitas di Indonesia yaitu Universitas Cendrawasih, Universitas Mulawarman, Universitas Bengkulu dan Universitas Gadjah Mada.

 

Kira-kira itu ulasan singkatnya, dimanapun sobat menimba ilmu selagi masih memberi manfaat terutama untuk Indonesia tercinta maka semuanya baik.

 

Komentar



error: Konten dilindungi!