5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Gabung di Organisasi Kampus

group-disscussions

Berorganisasi adalah salah satu dari beragam aktivitas di kampus yang perlu kamu coba sobat iCampers. Di kampus, selain mendapat materi dari dosen, mengerjakan tugas kuliah, presentasi, membaca buku di perpustakaan, atau mengikuti seminar, berwirausaha dan bergabung di organisasi kampus adalah pilihan lain untuk menikmati indahnya status sebagai mahasiswa.

Dengan berorganisasi, selain mendapatkan teman baru dari berbagai jurusan bahkan berbagai fakultas, kamu juga bisa belajar bekerja sama dengan tim dan melatih diri kamu untuk menjadi seorang leader. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk bergabung dalam organisasi, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut agar tidak salah bergabung di organisasi :

1. Niat
Segala sesuatu berawal dari niat. Kamu harus menata dengan baik niatmu berorganisasi. Mengikuti organisasi di kampus tentu akan menyita waktu dan pikiranmu. Pikiranmu akan terpecah untuk kuliah, berorganisasi, liburan, dan keluarga. Jadi, tata niatmu terlebih dahulu. Yakinkan dirimu bahwa kamu siap untuk berorganisasi dengan segala konsekuensi yang ada.

2. Kenali minat dan bakatmu

Setelah kamu mantap untuk bergabung di salah satu organisasi kampus, langkah berikutnya adalah kamu harus cari tahu minat dan bakatmu. Ada banyak organisasi di kampus seperti BEM, BLM, Himpunan Mahasiswa (HIMA), Sentra Kerohanian, maupun UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bergerak di bidang kepenulisan, seni, maupun olahraga. Dengan kamu mengenali minat dan bakatmu, kamu tidak akan kesulitan untuk mencari organisasi mana yang pas yang bisa membantu kamu untuk mengembangkan dirimu.

3. Jangan ikut-ikutan teman

Salah satu alasan seorang mahasiswa mengikuti organisasi kampus adalah karena diajak teman. Hindarilah alasan ini sobat iCampers. Sebab belum tentu kamu menyukai organisasi yang disarankan oleh temanmu tersebut. Kalau perlu, diskusikan dan mintalah alasan secara logis kenapa kamu harus bergabung di organisasi tersebut.

4. Ketahui skala organisasimu

Kamu harus tahu organisasimu yang akan kamu ikuti termasuk organisasi di lingkup jurusan, fakultas, atau universitas. Karena, semakin tinggi lingkup organisasimu maka kegiatanmu, relasimu, dan pengalamanmu akan semakin banyak pula. Selain itu, semakin tinggi lingkup organisasi akan dijamin semakin sibuk juga.

5. Jangan banyak-banyak pilih organisasi

Kamu harus ingat, tujuan awal kamu melanjutkan studi di perguruan tinggi adalah kuliah. Berorganisasi itu memakan waktu. Jadi jangan banyak-banyak memilih organisasi jika kamu tidak bisa mengatur jadwal kegiatanmu.

Print

Komentar