Sumber Dana Alternatif Selain Beasiswa

sarjana-sub
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Sumber gambar di sini

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Setiap individu berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Sebagai salah satu cita-cita luhur bangsa, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan juga menjadi salah satu investasi di masa depan. Walaupun tidak dapat dipungkiri biaya pendidikan yang tinggi membuat banyak mereka yang kurang mampu justru mengurungkan keinginan mereka untuk mengenyam pendidikan.

Termasuk di dunia perkuliahan. Banyak orang beranggapan bahwa biaya kuliah sangatlah mahal. Terlebih pemerintah tidak mewajibkan setiap individu untuk melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Bagi kamu yang tidak mendapat suntikan dana dari program beasiswa, kendala ekonomi keluarga dapat kamu minimalisir dengan cara-cara berikut ini.

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA merupakan salah satu produk bank yang bisa didapatkan calon nasabah di bank-bank swasta tanpa harus mempersiapkan aset tertentu sebagai jaminan atas pinjamannya. Sebagai gantinya, yang dijadikan sebagai jaminan adalah kemampuan nasabah dalam melunasi pinjamannya. Ketika ingin menggunakan fasilitas ini, kamu bisa melengkapi persyaratan yang dibutukan dan cermati baik-baik suku bunga yang terdapat di bank tersebut. Selain itu, mulailah menerapkan hidup hemat dan jangan sampai menyebabkan kredit macet.

  1. Student loan

Mungkin program ini masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya program ini sudah banyak dilakukan di negara-begara maju. Student loan adalah sebuah rancangan yang diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu yang sama halnya seperti kredit, namun pinjaman tersebut dilunasi saat mereka sudah bekerja. Meski banyak pro dan kontra dalam pelaksanaannya, namun program ini bisa kamu dapatkan di beberapa instansi swasta.

  1. Bekerja

Tidak ada salahnya jika kamu kuliah sambil bekerja, dengan catatan pekerjaanmu tidak mengganggu dunia perkuliahanmu. Bagi kamu yang benar-benar bekerja penuh di pagi hari, kamu bisa ambil perkuliahan di malam hari. Namun, sebaiknya memang kamu memilih untuk mengambil pekerja paruh waktu atau pekerja lepas. Dengan demikian, kamu bisa mengatur antara waktu bekerja dan waktu kuliah. Apalagi kedua pekerjaan ini tidak terlalu memberatkanmu jika kamu memiliki waktu yang fleksibel. Kamu bisa memilih pekerjaan yang memang sesuai minat maupun hobi.

  1. Ikut program bank lainnya

Selain ketiga hal di atas, kamu bisa mengikuti program-program lain yang ada di bank. Seperti ikut tabungan konvensional, asuransi pendidikan. Namun kamu harus melakukan perencanaan dan mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari.

Biaya pendidikan memanglah tidak murah. Tetapi semuanya bergantung pada masing-masing individu. Tekad dan usahalah yang akan mampu meringankannya. Selamat berjuang!

Komentar



error: Konten dilindungi!