Adverbs (Kata Keterangan)

adverb

Hasil gambar untuk adverbs

Adverbs atau kata keterangan adalah kata yang digunakan untuk menjelaskan tempat, waktu dan kegiatan atau peristiwa yang terjadi dalam suatu kalimat. Kata keterangan berfungsi menjelaskan kata sifat, kata kerja, dan kata keterangan lainnya agar menjadi lebih jelas dan dapat dipahami oleh pembaca dan membuat kalimat lebih masuk akal. Misalnya: Setelah setahun dia berkerja lagi, maka menjadi After a year he work again, maka kata lagi atau again adalah adverbs atau kata keterangan. Adverbs dapat dibagi berdasarkan jenis dan posisi, yaitu:

1. Adverbs of manner (slowly, carefully, awfully)

Adverds of manner atau keterangan cara diletakkan di belakang objek dalam kalimat, atau dibelakang kata kerja jika kalimat tersebut tidak memiliki objek.

Contoh: She is driving a car carefully atau She is driving carefully

2. Adverbs of place (here, there, behind, above)

Adverbs of place atau keterangan tempat diletakkan di belakang objek atau kata kerja dalam kalimat. Jadi letak keterangan tempat dapat di belakang objek maupun kata kerja.

Contoh: We live here atau I didn’t find it here.

3. Adverbs of time (recently, now, then, yesterday, tomorrow)

Adverbs of time atau keterangan waktu ini diletakkan di belakang objek atau kata kerja dalam kalimat. Sama seperti keterangan tempat, keterengan waktu juga dapat diletakkan baik di belakang objek maupun kata kerja.

Contoh: I will pick you up now atau Now, I will pick you up.

Jika adverbs of manner, adverbs of place, dan adverbs of time digunakan bersamaan dalam satu kalimat maka susunan harus dimulai dari adverbs of manner, place lalu terakhir adverbs of time. Disingkat menjadi MPT.

Contoh: She dressed elegantly in the party last night.


Sumber: Sudarmono, Edhi. 2013. The King TOEFL. PT Wahyu Media: Jakarta.

Komentar