Pentingnya bagi Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Berbasis Cloud

img_1822

Hai iCampers…  tau gak  Penyimpanan Cloud? Disini saya akan saya jelaskan sekilas arti penyimpanan cloud.  Cloud storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan server virtual sebagai media penyimpanan. Kamu dapat menyimpan file digital seperti dokumen di cloud, lalu mengaksesnya dengan komputer atau gadget yang telah tersambung ke layanan internet.

Untuk dapat menyimpan data anda pada cloud storage, tentunya kamu diharuskan membuat sebuah akun. Sehingga, agar file-file yang kamu simpan aman, kamu harus berhati-hati dan tidak membagikan password atau akses file kamu ke sembarang orang.

Dropbox, Google Drive, dan OneDrive merupakan applikasi penyimpanan cloud yang populer di kalangan mahasiswa. Walaupun umumnya mahasiswa belum menggunakan fungsi dari aplikasi tersebut secara maksimal, kecuali sebatas penyimpanan dokumen saja.

Alasan yang paling umum kenapa mahasiswa memakai aplikasi tersebut adalah untuk mengunggah dan menyinkronkan dokumen di komputernya ke server cloud. Sehingga, ketika terjadi sesuatu pada komputermu, kamu masih punya backup di cloud.

Selain fungsi dasar tersebut, di bawah ini ada tiga alasan utama mengapa mahasiswa harus menggunakannya aplikasi semacam ini.

1. Berkolaborasi dengan efektif

Ketika kerja berkelompok, sering terjadi masalah ketika salah satu pihak ingin bekerja, namun pihak lainnya belum sempat mengirimkan data yang diperlukan. Oleh karena itu, kolaborasi yang efektif sangat penting dalam setiap pekerjaan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang. Menurut saya, fitur paling menarik dari layanan seperti Google Drive dan OneDrive adalah kamu dapat berkolaborasi mengerjakan tugas dengan teman-temanmu.

Dengan fitur tersebut, maka kamu dan teman-teman kelompokmu dapat mengedit satu dokumen secara bersamaan. Setiap perubahan yang terjadi akan tersimpan, sehingga kamu tak perlu lagi saling mengirim revisi dokumen melalui e-mail secara terus menerus. Kamu juga dapat melacak secara langsung perubahan yang dilakukan oleh teman kamu saat ia mengedit dokumen tersebut.

2. Dapat mengerjakan tugas di mana pun dan kapan pun

Salah satu alasan utama mahasiswa membawa laptop saat di kampus adalah untuk meningkatkan fleksibilitas saat mengerjakan tugas. Namun, hal tersebut dapat membuat kamu bergantung hanya pada satu laptop.

Ketika kamu tidak membawa laptop, kamu bisa meminjam laptop atau komputer orang lain, lalu membuka aplikasi-aplikasi penyimpanan cloud yang kamu gunakan, seperti Google Drive atau OneDrive, dan mengakses dokumen-dokumen yang sudah kamu simpan di sana.

Bahkan kamu dapat mengakses dan mengedit dokumen tersebut secara langsung darismartphone kamu. Serunya lagi, aplikasi-aplikasi tersebut tersedia di semua platform populer. Jadi, jika kamu menggunakan MacBook atau PC berbasis Windows, kamu dapat mengakses dokumenmu dari smartphone Android atau iOS.

3. Berbagi data berkapasitas besar tanpa kesulitan

Apakah kamu pernah kesulitan mengirimkan dokumen atau file kepada temanmu? Biasanya, ini terjadi jika ukuran file-nya besar. Belum lagi pengiriman file lewat e-mail juga kadang dibatasi. Contohnya, Gmail hanya mengizinkan pengguna mengirim file kurang dari 25 MB.

Dengan menggunakan aplikasi penyimpanan cloud, entah itu Dropbox, Google Drive, atau OneDrive, kamu dapat melakukan hal tersebut dengan fitur berbagi file. Kamu juga bisa mengontrol siapa saja yang berhak untuk mengakses file tersebut.

Apabila kamu mahasiswa yang memiliki mobilitas tinggi, memiliki lebih dari satu perangkat untuk mengerjakan tugas, dan ingin berkolaborasi bersama teman kelompokmu dengan mudah, aplikasi penyimpanan cloud merupakan solusi kamu.

Selain alasan di atas, apakah kamu pernah menggunakan aplikasi penyimpanan cloud untuk keperluan lain?

Komentar



error: Konten dilindungi!