Organisasi, Penting atau Buang-Buang Waktu?

img_1829

Pada saat kita menjadi seorang mahasiswa, perlu disadari bahwa bukan hanya status sebagai pelajar lah yang kita sandang, tetapi juga sebagai pengemban amanah negara, penyambung lidah rakyat dan pejuang aspirasi bangsa. Berat bukan? Maka dari itu, masa peralihan dari seorang siswi SMA menjadi mahasiswa akan sangat terasa berbeda baik dari pelajaran, lingkup sosial maupun kegiatannya.

Tak jarang, di kampus kita akan menemukan berbagai macam jenis mahasiswa dengan kelakuan dan “kepentingan” yang berbeda. Ada yang sangat mementingkan akademik dan adapula yang mau berkomitmen untuk membagi konsentrasi untuk akademik dan organisasi, Nah, tipe mahasiswa seperti ini lah yang sering dipanggil sebagai seorang “aktivis”.

Menjadi aktivis di kampus bukanlah sesuatu hal yang mudah, banyak konsekuensi yang harus ditanggung. Dari segi waktu, tenaga bahkan materi. Belum lagi, tantangan yang harus dihadapi adalah anggapan orang sekitar yang tidak selalu suka dan mendukung kegiatan organisasi yang sibuk dan cenderung “menganggu” kegiatan akademik.

Tetapi, seberapa penting sih organisasi untuk mahasiswa? Penting, lho! Organisasi bisa menjadi wadah kamu untuk menjadi pengemban amanah negara dan penyambung lidah rakyat, seperti organisasi lembaga formal kampus, Badan Eksekutif Mahasiswa, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa dan Himpunan Jurusan, disana bukan hanya mahasiswa yang menjadi sasaran tetapi juga rakyat yang menjadi tujuan dari segala kegiatannya. Tidak hanya isu kampus yang menjadi bahasan, tetapi juga isu-isu kenegaraan, Selain itu, untuk kamu yang ingin berorganisasi sekaligus meluangkan kreativitas minat bakat bisa bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa yang berisi kegiatan-kegiatan olahraga, sosial dan juga seni budaya, Lalu untuk mahasiswa yang ingin berorganisasi agar dapat menunjang akademik bisa mengikuti Kelompok Studi Mahasiswa dimana para mahasiswa yang mempunyai bidang yang sama bergabung untuk belajar dan mengembangkan keahliannya bersama.

Selain itu, Organisasi juga sangat penting untuk kehidupan sosial di kampus, selain menambah wawasan organisasi juga dapat melatih jiwa kepemimpinan serta integritas kita juga memperluas lingkup pertemanan. So, are you ready either be a good student or good leader? Make your own decision now! (Shintya Maharani)

Komentar



error: Konten dilindungi!