Libur Panjang Mati Gaya? One Day Trip Aja!

img_1816

Liburan semester? Liburan natal dan tahun baru? Nah, ayo gunakan kesempatan ini untuk melupakan tugas dan senang-senang! Tapi, jangan hanya ke mall atau makan-makan cantik-mahal-tapi-porsinya-dikit aja. Coba deh, iseng-iseng beli tiket perjalanan untuk mengunjungi lima rekomendasi lokasi one day trip yang siap untuk didatangi!

1) Pulau Seribu

Buat yang rindu akan lautan, berwisata ke pulau-pulau terdekat dari Teluk Jakarta adalah jawabannya. Dengan budget yang minim –biasanya seratus ribuan- kamu sudah bisa mendarat di beberapa pulau seperti Onrust, Kelor, Cipir, juga Untung Jawa. Selain bisa melihat ombak dan main pasir, kamu juga bisa mengulik peninggalan kolonial di pulau-pulau tersebut. Nah, untuk menuju destinasi ini, kamu bisa mencapainya dari dua dermaga, yakni dari Muara Kamal –di mana kamu harus berjibaku melewati keamisan pasar ikan- atau Tanjung Pasir yang berada jauh di ujung utara Kabupaten Tangerang. Semakin pagi datang di dermaga, maka semakin banyak juga waktu kamu buat mengeksplor mereka.

2) Wisata Mangrove Angke Kapuk

Masih tidak jauh dari yang asin-asin, rekomendasi pelarian selanjutnya adalah wisata mangrove yang berada di daerah Kapuk. Siapa sangka, di pinggiran kawasan-eksklusif-berlokasi-strategis-dengan-nilai-investasi-yang-terus-meningkat-setiap-Senin itu, masih tersisa sepotong hutan bakau yang dimanfaatkan sebagai habitat bagi puluhan jenis burung, kera, reptil, dan binatang air payau lainnya. Selain menikmati suasana hutan bakau, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti sewa kano, menanam bakau, dan sebagainya, dengan catatan ada biaya tambahan. Tidak perlu pakai kendaraan pribadi, kamu bisa pakai TransJakarta untuk sampai ke sana. Oh iya, jika ingin mendokumentasikan perjalanan, lebih baik menggunakan kamera ponsel aja ya! Karena ada charge tambahan yang supermahal untuk pengunjung yang kedapatan membawa kamera pocket maupun SLR ke lokasi wisata.

3) Purwakarta

Merasa dua rekomendasi sebelumnya kurang? Beranikan diri kamu untuk jalan-jalan ke luar kota seperti Purwakarta! Percaya tidak percaya, untuk menempuh jarak sejauh Jakarta-Purwakarta, kamu cukup mengeluarkan biaya Rp6.000,00 untuk sekali jalan! Ya, dengan kereta lokal Purwakarta keberangkatan Stasiun Jakarta Kota, kamu bisa menikmati tiga jam perjalanan di dalam kereta berpendingin udara sebelum nantinya mengeksplorasi banyak hal di kota ini. Ada sate maranggi yang keenakannya melegenda, jalan-jalan ke Waduk Jatiluhur, atau bisa lanjut bermalam main di Agrowisata Wanayasa bahkan cabut ke Bandung dengan ongkos travel tambahan sekitar dua puluh ribuan!

4) Gunung Padang

Masih dari tanah Priangan, di kawasan Cianjur terdapat sebuah bukit yang hingga saat ini masih menjadi kontroversi, yakni Situs Megalitikum Gunung Padang. Banyak pendapat ahli yang mengatakan bahwa bukit dengan ribuan batu yang berserakan itu dulunya adalah sebuah piramida raksasa peninggalan peradaban nenek moyang kita, bahkan lebih tua dari peninggalan Piramida Besar di Giza. Tidak hanya itu, konon terdapat ruang-ruang rahasia di dasar tanah yang berisi harta karun! Nah, untuk mencapai sana, kamu bisa menggunakan kereta dari Stasiun Bogor Paledang hingga Lampegan, kemudian lanjut naik ojek menuju sana. Merasa ribet? Jangan ragu untuk cari barengan kamu di Forum Backpacker seperti BPI yang sering mengadakan open trip, di mana kamu cukup membayar dua ratus ribu, duduk manis, dan menikmati jalan-jalan seharian ke Gunung Padang dan curug di sekitarnya.

5) Bekasi

Di kota sejuta mal ini, kamu bisa merasakan sensasi berbelanja di enam pusat perbelanjaan raksasa yang letaknya depan-depanan dalam radius satu kilometer kurang setelah keluar dari Tol Bekasi Barat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa merasakan sensasi nonton di Bl*tzmegaplex termurah se-Jabodetabek hanya di kota ini. Merasa bosan dengan mall? Coba berkunjung ke pusat kota Bekasi di Minggu pagi. Kamu bisa gabung saat car free day, jogging di stadion utama, ke alun-alun, hingga menghirup oksigen di kawasan hutan kota.

Jangan jadikan tugas sebagai alasan yang menghambat kamu untuk bisa mengeksplor dunia luas. Semua tentang manajemen waktu, bagaimana kamu bisa menuntaskan urusan tepat waktu sehingga bisa meluangkan sisanya untuk bersenang-senang. Tidak ada barengan? Pergi sendirian pun tidak masalah! Kala kamu pergi sendiri, justru banyak perenungan dan selftalk yang bisa kamu lakukan soal masa depan.

Kata orang bijak, yang penting dari berwisata bukanlah masalah destinasinya, tapi bagaimana kamu bisa mengalami kesenangan dalam setiap perjalanannya.

Sumber referensi: AnakUIdotcom

Komentar



error: Konten dilindungi!