Kerja di Industri Kreatif, Keren! Yay or Nay?

img_1824

Tanpa disadari, potensi bisnis di bidang industri kreatif Indonesia masih terbuka luas untuk digarap para pelaku usaha. Uniknya tradisi dan begitu majemuknya budaya di Indonesia masih bisa dijadikan sebagai suatu kekayaan yang pantas untuk dikembangkan dengan kreativitas yang tinggi tanpa mengurangi nilai dari budaya dan tradisi itu sendiri.

Industri kreatif merupakan kegiatan usaha yang fokus pada kreasi dan inovasi.Tetapi, yang penting diingat adalah pelaku industri kreatif nasional harus menjadi raja di negeri sendiri agar bisa terus mengembangkan sayapnya di kawasan pasar ekspor. Apalagi di era globalisasi kini, kreativitas berbasis kekayaan budaya pemasarannya dapat didukung penuh dengan adanya teknologi. Tidak hanya dengan teknologi, produk industri kreatif akan berkembang bila ditopang oleh pasar dalam negeri. Dalam hal ini, penting untuk produsen memperkuat posisinya di dalam negeri kendati kiprahnya di luar negeri juga terus meningkat.

Ekspor industri kreatif sudah cukup kuat, terutama di subsektor tertentu, seperti fashion dan kerajinan. Namun, pelaku industri kreatif diharapkan tidak terpaku pada keberhasilan memperkuat ekspor, namun di sisi lain pasar dalam negeri justru dimasuki oleh produk industri kreatif impor. Apalagi saat ini sedang terjadi krisis global yang melanda Amerika Serikat dan Eropa. Wih keren ya!

Sektor Industri Kreatif di Indonesia termasuk sektor industri yang banyak digemari masyarakatnya dan juga luas jangkauannya, tak hanya dari segi bidang, industri kreatif nasional juga luas dari sisi rentang usia, tidak bisa dipungkiri bahwa Industri kreatif sudah menjadi bidang favorit untuk dijadikan tujuan oleh pemuda di Indonesia, maka tak jarang banyak anak Indonesia yang sedari kecil sudah menjajal bidang ini, hal ini tentu tak luput dari peran canggihnya teknologi yang membuat segalanya termasuk bisnis menjadi lebih mudah untuk digenggam dan dikelola. Tetapi, Bidang apa saja sih yang termasuk industri kreatif?
1. Periklanan
2. Arsitektur Kegiatan
3. Desain Kegiatan
4. Desain fashion
5. Video, film dan fotografi
6. Permainan interaktif
7. Musik
penyanyi dan komposisi musik.
8. Seni pertunjukan
9. Penerbitan dan percetakan
10. Televisi dan radio
11. Riset dan pengembangan

 

Wah, luas banget kan sektor industri kreatif di Indonesia. Jadi, gimana kawula muda? Kerja di Industri kreatif, Yay or Nay? Lets make a your own decision! (Shintya Maharani)



Leave a Reply