Hilang Semangat Saat Kuliah? Simak Kutipan Inspiratif dari Para Entrepreneur Ini!

img_1819

Hai iCampers.. Disuatu waktu kita kadang malas mengikuti kuliah, mungkin karena itu jenuh karena banyak tugas atau jenuh lihat dosennya? hehe. Jika kamu adalah seorang mahasiswa, sekaligus seorang wantrepreneur (orang yang ingin menjadi entrepreneur), kamu mungkin sudah memiliki satu atau sejumlah figur panutan. Banyak dari kita yang pernah membatin, “Saya ingin seperti dia di masa depan”. Selain bisa dipraktikkan, nasihat-nasihat dari figur panutan bisa memotivasi dan melecut semangat kita.

Kali ini, kami merangkum tujuh kutipan inspiratif dari sejumlah figur terkenal di ranah teknologi. Salah satu atau bahkan beberapa di antaranya mungkin merupakan figur panutan kamu.

1. Steve Jobs, Co-Founder Apple

Steve Jobs
Salah satu pidato Steve Jobs yang paling terkenal. Pidato ini diakhiri dengan “Stay hungry. Stay foolish.”

Waktumu terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain. Jangan terperangkap dengan dogma – yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang lain. Jangan biarkan kebisingan pendapat orang lain menenggelamkan suara batinmu sendiri. Dan yang paling penting, miliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisimu. Mereka [kata hati dan intuisi] sudah tahu apa yang benar-benar kamu inginkan.

2. Bill Gates, Co-Founder Microsoft

Bill Gates
Bill Gates menyarankan agar kita lebih peduli pada masalah-masalah kemanusiaan yang terjadi di sekitar kita, tidak hanya pada pencapaian profesional diri sendiri.

Saya ingin menasihati setiap lulusan di sini untuk menangani sebuah masalah – masalah yang kompleks, sebuah ketidakadilan yang serius, dan menjadi spesialis atas masalah tersebut. Jika kamu menjadikan masalah tersebut sebagai fokus karier, maka itu akan fenomenal. Tapi kamu tidak perlu melakukan itu untuk bisa memberi dampak. Selama beberapa jam setiap minggu, kamu bisa menggunakan kekuatan internet untuk mendapatkan informasi, menemukan orang lain dengan minat yang sama, melihat hambatan-hambatannya, dan menemukan cara untuk mengatasinya.

3. Jack Ma, Co-Founder Alibaba

Jack Ma

Menurut Jack Ma, nilai IPK yang tinggi tidak selalu menentukan kesuksesan kita.

Saya pernah berpesan kepada putra saya: kamu tidak harus berada di peringkat tiga besar di kelas, menjadi siswa berkemampuan menengah tidak masalah, selama nilai-nilaimu tidak terlalu buruk. Hanya orang-orang di kategori ini [di peringkat menengah] yang memiliki waktu untuk mempelajari bakat lainnya.

4.Mark Zuckerberg, Co-Founder Facebook

Mark Zuckerberg
Terkadang, mendengarkan suara hati kita sendiri merupakan nasihat yang paling penting.

Yang paling penting adalah memiliki kepercayaan dan percaya pada diri sendiri. Ketika kamu masih muda, kamu mendengar [orang-orang berkata] bahwa kamu tidak memiliki pengalaman untuk melakukan berbagai hal, bahwa ada orang yang memiliki pengalaman lebih darimu. [Tapi] saya memulai Facebook ketika saya masih berusia 19 tahun. [..] Setiap orang memiliki perspektif unik yang bisa mereka bawa ke dunia.

5. Marissa Mayer, CEO Yahoo

Marissa Mayer
Marissa juga menasihati mahasiswa dalam melakukan observasi bagaimana dunia dan perusahaan-perusahaan berubah di era informasi ini.

Saran saya [adalah] menjadi sumber informasi … Kekuatan datang melalui berbagi informasi. Beritahu semuanya [informasi] pada semua orang. Semakin berharga [informasi], akan lebih baik. Berbagi menyebabkan koneksi, koneksi menyebabkan kolaborasi, kolaborasi menyebabkan kreativitas dan inovasi. Kreativitas dan inovasi adalah hal yang mengubah dunia.

6. Larry Page, Co-Founder Google

Larry Page
Jika mimpimu terdengar gila, mungkin itu malah menjadi sebuah keuntungan. Seperti yang diungkapkan oleh Larry:

Saya pikir akan lebih mudah untuk membuat kemajuan pada mimpi yang mega-ambisius. Saya tahu ini kedengarannya benar-benar gila. Tapi, karena tidak ada orang lain yang cukup gila untuk melakukannya, kamu memiliki sedikit kompetisi. Hanya ada sedikit orang yang segila itu, sampai-sampai saya merasa tahu siapa saja orangnya. […] Orang-orang terbaik ingin menyelesaikan tantangan besar.

7. Sheryl Sandberg, COO Facebook

Sheryl Sandberg
Sheryl menasihati mahasiswa untuk tetap ambisius, mencoba hal-hal sulit, dan bermimpi.

Arah hidupmu tidak akan ditentukan dengan melakukan hal-hal yang kamu yakin bisa melakukannya. Itu mudah. Ia [arah hidupmu] akan ditentukan oleh apakah kamu mencoba hal-hal yang sulit. […] Jangan biarkan dirimu lengah dengan memutuskan bahwa ada sesuatu yang berada di luar jangkauanmu. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang bisa kamu lakukan kecuali kamu mencoba.

Gimana sobat iCampers.. setelah menyimak kutipan inspiratif dari para entrepreneur sukses, masih malas lagi mengikuti kuliah? hehe

Komentar



error: Konten dilindungi!