Bosan dengan Mall? Ini 4 Tempat Nongkrong Buat Kamu Para Pecinta Seni

img_1828

Nongkrongnya mahasiswa tidak selalu di mall atau di kafe-kafe. Bukan juga yang sekadar ngobrol, tapi yang ada manfaat tersendiri bagi mereka. Salah satunya adalah “nongkrong nyeni”, atau nongkrong di tempat-tempat yang berhubungan dengan budaya dan seni. Nah berikut ini adalah tempat-tempat nongkrong yang terkenal dengan segala aktivitas budaya dan seninya.

1) Salihara

Siapa yang tidak tahu Komunitas Salihara yang ada di Pasar Minggu? Komunitas Salihara ini bisa dibilang salah satu komunitas seni dan budaya yang sangat aktif. Mulai dari mengadakan diskusi tentang seni dan budaya seperti novel, tari, dan teater. Salihara juga kadang jadi rumah untuk mengadakan konser-konser musik, baik dalam maupun luar negeri.

Program-program kumpul diskusi sastra, lokakarya, sampai kelas menulis diadakan di Komunitas Salihara. Untuk mahasiswa yang bukan hanya bisa menghargi seni, tapi juga berjiwa dan ingin berkontribusi dalam seni dan budaya, ada baiknya untuk mulai berkunjung dan bergabung ke Komunitas Salihara.

2) Taman Ismail Marzuki (TIM)

Ini yang paling terkenal. Taman Ismail Marzuki adalah pusatnya seni dan budaya di Jakarta. Di TIM, semuanya ada. Dari pementasan tari, teater, seni rupa, sampai ke screening film.

Bicara tentang screening film, yang sedang gencar adalah Kineforum yang didukung sama DKJ dan TIM sendiri. Kineforum ini mengadakan program screening atau penayangan film-film (kebanyakan film lokal) yang berkualitas namun tidak masuk ke bisokop komersil. Bukan berarti film ini tidak laku, tapi karena memang film-film ini tidak ditayangkan sembarangan. Dan kamu harus tahu, nonton di bioskop Kineforum itu gratis. Yang lebih keren lagi, tiketnya terbatas. Kapasitasnya 45 orang, dan tiket tidak bisa dipesan tetapi harus diambil mulai dari satu jam sebelum pemutaran film.

Nah, untuk kamu yang sudah sampai di XXI di TIM dan kecewa melihat deretan filmnya atau kecewa melihat dompet yang tidak mencukupi, kamu bisa ke bioskop Kineforum yang terletak di belakang gedung XXI dan mendapatkan tiket gratis untuk nonton film yang tidak kalah berkualitas dari yang ditayangkan di XXI.

3) Institut Franҫais Indonesia (IFI)

Prancis tidak hanya tentang menara Eiffel. Untuk kamu para pecinta Prancis dan ingin tahu hal-hal tentang Prancis, bisa mengunjungi Institut Franҫais Indonesia yang ada di Thamrin atau yang ada di Wijaya. Ada apa sih, di situ? Banyak! Di situ ada pemutaran film yang rutin diadakan dan gratis! Lalu ada juga konser musik (biasanya musik klasik tapi ada juga musik kontemporer) dan juga diskusi film atau diskusi buku. Selain itu, kamu juga bisa tahu info-info untuk belajar ke Prancis. Di IFI ini juga ada perpustakaan yang isinya buku-buku Prancis dan bisa kamu pinjam, loh.

4) Goethe Institut

Jerman juga punya pusat budaya yaitu Goethe Institut yang ada di Jalan Sam Ratulangi. Kamu yang suka sama Jerman bisa main ke situ, main ke perpustakaannya atau ikut nonton pemutaran film yang sering diadakan. Bahkan kamu bisa les bahasa Jerman di situ dan kamu bisa ketemu orang-orang yang juga suka segala sesuatu tentang Jerman.

Sumber referensi: AnakUIdotcom

Komentar



error: Konten dilindungi!