Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara, Kalian Sudah Tahu ?

tipe-mahasiswa

Tahun 2016 Menjadi tahun yang penuh dengan berbagai macam peristiwa baik didalam kampus maupun luar kampus, berbagai macam peristiwa itu tentu saja membekas disetiap orang yang mengalaminya salah satunya bagi saya sendiri.

Sebelum kalian membaca lebih jauh, perkenalkan dulu nama saya Mahriansyah biasa dipanggil Mahri dan berasal dari salah satu Universitas di Pulau Kalimantan yaitu Universitas Lambung Mangkurat. Kali ini saya akan menceritakan tentang salah satu program pertukaran mahasiswa yang dilaksanakan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sejak tahun 2016 yaitu Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA).

Program PERMATA ini pada awalnya hanya diikuti oleh 3 Universitas saja yang diikuti oleh 33 Mahasiswa yang melakukan pertukaran, pada tahun selanjutnya yaitu tahun 2015 peserta dari program ini meningkat menjadi 91 mahasiswa dari 17 Universitas diseluruh Indonesia dan pada tahun 2016 jumlah peserta permata meningkat drastis diangka mencapai hampir 500 mahasiswa yang mencakup 40 Universitas Negeri dan Swasta yang ada di Indonesia.

Pada Kegiatan PERMATA 2016 ini saya terlibat menjadi salah satu peserta yang mana saya melakukan pertukaran dengan Universitas Udayana Bali selama 1 Semester bersama dengan 3 orang teman saya yang lain, sedangkan teman – teman dari Universitas saya yang lain ada yang melakukan pertukaran dengan Universitas Lampung, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Jenderal Sudirman.

Nah bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai program PERMATA silahkan klik disini

Banyak Hal yang saya dapatkan selama mengikuti program ini mulai dari bisa jalan – jalan di bali sampai bisa ikut belajar dengan teman – teman yang berbeda budaya hingga kebiasaan walaupun berbeda suku bangsa dan bahasa.

Mungkin untuk kali ini cuman ini yang bisa saya bagi kepada teman – teman dan setelah saya selesai melakukan program ini saya akan sharing kembali pengalaman saya selama mengikuti pertukaran ini, so tunggu aja ya teman – teman.

Komentar



error: Konten dilindungi!