Wahai Mahasiswa, Apakah Kampus Kamu Mendukung Dunia Startup?

Hand writing Start-up concept with black marker on transparent wipe board.

Hai iCampers.. Apa itu Startup? Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Wikipedia, Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Defenisi diatas mungkin lebih pada terminologinya, namun menurut penulis akan lebih mudah jika istilah Startup diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak “dikawinkan” dengan segala yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Salah satunya yang sedang tren sekarang seperti Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

So.. Penasaran dengan apa yang dilakukan kampus kamu untuk mendukung ekosistem startup? Hal tersebut kadang menjadi pertanyaan bagi mahasiswa yang sedang menggeluti dunia startup.

Harus diakui, rasanya cukup sulit untuk mendeskripsikan seperti apa kampus yang memang benar serius mendukung startup. Meskipun demikian,adanya program entrepreneurship dan banyaknya tokoh startup yang berasal dari kampus kamu mungkin bisa menjadi indikator kalau kampusmu mendukung dunia startup.

Perhatikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan lihat apakah kampus kamu merupakan kampus yang diharapkan bagi mahasiswa yang bergelut di dunia startup. check it out!

Apakah kampusmu mempunyai program inkubator?

Ada banyak faktor yang menyebabkan startup gagal, salah satunya karena minimnya pengetahuan tentang mengelola startup. Oleh karena itu, inkubator kampus sangat berperan untuk membantu perkembangan startup yang dimiliki mahasiswa.

Contohnya, Binus Startup Accelerator yang merupakan program inkubator milik Universitas Binus. Inkubator ini menjaring startup terbaik dengan melakukan rangkaian program berupa pitching dan mentorship. Universitas lain juga mempunyai program inkubator

Skystar Ventures milik Universitas Multimedia Nusantara, Sinbis UI milik Universitas Indonesia, UBpreneur milik Universitas Bakrie, dan Mercupreneur milik Universitas Mercubuana.

Apakah kampus kamu sering mengadakan acara entrepreneurship?

Acara kampus mungkin dapat merangsang kemauan mahasiswa untuk membuat startup dengan memberikan informasi maupun motivasi dari pelaku startup. Contohnya seperti yang dilakukan Universitas Telkom dengan mengadakan acara Blue Techno Festival yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang teknologi smart city.

Universitas Pelita Harapan juga mempunyai acara yang tak kalah menarik bernama Pelita Harapan Business Challenge, dengan mengikuti kompetisi ini, mahasiswa UPH dapat melewati masa sulit dalam berbisnis.

Apakah kampus kamu mempunyai departemen khusus entrepreneurship?

Keseriusan Universitas Ciputra untuk membantu mahasiswa menjadi seorang pelaku bisnis dibutikan dengan menghandirkan Universitas Ciputra Entrepreneurship Center. misinya adalah menyediakan edukasi entrepeneurship dan diskusi bisnis bagi mahasiswa, terutama mereka memerlukan bimbingan dalam menyelesaikan persoalan bisnis yang sedang mereka hadapi.

Kampus lain yang memiliki departemen khusus dengan fungsi sama adalah Universitas Binus.Binus Entrepreneurship Center memberikan konsultasi bisnis gratis kepada mahasiswanya dan membimbing setiap langkah bisnis yang mereka tempuh.

Buat kamu, mahasiswa yang masih aktif di salah satu universitas yang telah disebutkan di atas, manfaatkan dengan baik program entrepreneurship itu dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi apabila kampus kamu tidak mempunyai program semacam itu, jangan kamu jadikan halangan untuk mendirikan startup. Mungkin, kampus kamu mempunyai cara lain untuk mendukung dunia startup dan jiwa entrepreneur mahasiswanya atau bisa jadi kamu yang ingin sekali terjun di dunia startup ini bakal bisa pelopor yang mendirikan program entrepreneurship di kampusmu sendiri. Keren kan!

 

Komentar