Program Mentoring BINUS University oleh SAC & BSLC

mentoring-word-cloud

Student Advisory Center (SAC) adalah salah satu unit pendukung di BINUS University yang difokuskan untuk mendukung kelancaran akademis para mahasiswa/i nya. Salah satu upaya yang diselenggarakan SAC dalam membantu kegiatan belajar adalah bekerja sama dengan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu Binus Student Learning Community (BSLC) dan menyelenggarakan program mentoring.

Memiliki tujuan utama untuk berkomitmen dalam menyediakan wadah belajar yang kondusif bagi Binusian diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar dan soft skills para mahasiswa/i melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan. BINUSIAN dari berbagai jurusan dan angkatan pun dapat berpartisipasi menjadi pembimbing kelompok (mentor), pembimbing kelas (tutor) atau peserta bimbingan(mentee).

Dengan mengikuti program mentoring ini, diharapkan para BINUSIAN yang menjadi mentee dapat terbantu untuk  memahami dan menguasai materi-materi kuliah yang didapat selama semester berlangsung. Mengingat banyak mahasiswa/i yang kesulitan menyerap materi dari dosen karena terkendala tata bahasa serta pembawaan dosen yang dinilai cukup sulit dimengerti. Kegiatan mentoring sendiri diaksanakan dalam sebuah kelompok yang tetap selama satu semester. Mentor akan dilatih untuk membimbing para mentee melalui berbagai pelatihan dan pembekalan.

Selain mendapatkan training, para mahasiswa/i yang menjadi mentor juga berkesempatan memperoleh benefit lain berupa program beasiswa yaitu sebuah program apresiasi dari BINUS University untuk para mahasiswa/i dengan prestasi akademis yang baik, yaitu mahasiswa yang memiliki IPK ≥ 3.50 dengan nilai minimal B (bukan hasil pengulangan). Para mahasiswa akan mendapatkan beasiswa berupa pemotongan biaya SKS.

Berikut adalah persyaratan untuk yang harus dipenuhi untuk berpartisipasi dalam program mentoring BINUS University:

  1. Mentee (mahasiswa yang menjadi peserta bimbingan)
  • Mahasiswa aktif dengan IPK < 3.00
  • Memiliki komitmen penuh untuk mengikuti kegiatan selama satu semester
  1. Mentor/Tutor (mahasiswa yang menjadi pembimbing)
  • Mahasiswa aktif, min. semester 3
  • Memiliki IPK ≥ 3.00
  • Lulus FEP (memiliki poin min. 85) atau jika tidak lulus FEP, memiliki 120 poin SAT
  • Lulus seleksi Mentor/Tutor
  • idak melanggar ATTKK
  • Memiliki komitmen untuk berperan sebagai Mentor/Tutor
  • Mahasiswa yang memiliki IPK ≥ 3.50 dengan nilai minimal B (bukan hasil pengulangan) berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa (potongan biaya sks)

 

Komentar