Kisah Inspiratif Sang “Volunteer”

volunteer

Yuliana Nike Ndaumanu atau lebih akrab disapa Nike merupakan seorang relawan (volunteer) yang sangat menginspirasi terutama untuk kamu yang ingin jadi calon volunteer. “Yang muda yang berkarya” ya begitulah kata pepatah yang mestinya jadi semangat untuk kita berbuat lebih. Seperti Nike kepribadiannya benar-benar ditempa lewat beberapa kegiatan yang menjadi wadah untuk menyalurkan kemampuannya. Ia mendedikasikan dirinya untuk menjadi volunteer terutama permasalahan pendidikan anak.

Saat ini Nike masih berstatus mahasiswa semester 7 ilmu komunikasi di Universitas Brawijaya. Kesibukannya sebagai mahasiswa tidak menghalangi niat baiknya untuk terus berbagi. Keinginan untuk menjadi seorang volunteer muncul dari keprihatinannya terhadap dunia pendidikan anak.

Nike juga meningkatkan kemampuan non-akademiknya melalui organisasi pemuda internasional yaitu AIESEC. Tidak hanya itu dia juga terus merefleksikan kontribusinya terhadap masyarakat dengan mengikuti Young Interfaith Peacemaker Community International (YIPCI). Ia juga menyeimbangkan kemampuan relawannya dengan belajar kepemimpinan, tidak hanya melalui AIESEC. Beberapa kegiatan yang pernah ia ikuti seperti IYOIN Short Diplomatic Course 2016, dan Asia Pasific Model United Nations Conference (AMUNC) 2016.

Kegiatan volunteernya sendiri bervariasi mulai dari tingkat lokal, nasional maupun internasional. Ia turut mengambil bagian dalam Asia Pasific Student Forum (APSF), Ekspedisi Nusantara Jaya yang mana bertujuan untuk memberi pelayanan dan bantuan di pulau-pulau terpencil, membawakan acara di Ubud Writers and Readers Festival 2016 dan menyelesaikan project di Thailand dengan memberi kontribusi terhadap pendidikan anak-anak sekolah disana.

Sebagai seorang volunteer Nike tentu melewati banyak pelajaran, baik itu dalam keadaan suka maupun duka. Kerap kali kita banyak mengeluh bahkan suka tidak puas dengan apa yang kita miliki. Tapi dengan belajar menjadi volunteer Nike belajar bagaimana untuk lebih banyak bersyukur dan menjalin relasi yang baik dengan semua orang. Sebut saja saat melakukan volunteer ke luar negeri pasti sobat-sobat akan memiliki host family yang akan menjadi keluarga baru kalian selama berada disana.

Sobat iCampers juga bisa bertemu dengan orang-orang yang se-visi dengan sobat. Belajar tidak hanya seputar kegiatan relawan tapi tentang hidup. Nike juga mengatakan bahwa dia selalu belajar banyak hal dari orang-orang yang dia temui.

Berbagi tidak harus berbuat sesuatu yang menghebohkan bahkan menurutnya ketika teman-teman tersenyum sesungguhnya teman-teman sudah membantu seseorang masa sulitnya saat itu juga.

Sobat iCampers ingat tidak kata-kata Bung Karno “berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Begitupun dengan Nike mengguncangkan dunia bersama teman-temannya lewat aksi mereka dalam berbagai kegiatan sebagai relawan. Dapat ilmunya, dapat pengalamannya dan dapat pula kebaikannya.

Satu lagi dari Nike, menurutnya semua orang bisa menjadi vokunteer, dan kamu bisa memulainya dari lingkunganmu. Jadi, sobat iCampers apakah kamu siap jadi volunteer berikutnya ?

 

Komentar



error: Konten dilindungi!