Informal Contractions dalam Bahasa Inggris

contractions

Pernahkah kamu menjumpai, ketika sedang ber-chatting ria di sebuah situs online atau sedang mengobrol santai dengan native speaker berbahasa Inggris, mereka seringkali menggunakan serangkaian kata yang lebih singkat dari yang semestinya? Yup, sebut saja  gotta, kinda, dontcha, ain’t, dan gimme. Kata-kata tersebut biasa dikenal dengan informal contractions dan digunakan di dalam percakapan sehari-hari untuk membuat suasana terkesan lebih santai alias tidak kaku. Tapi sebenarnya apa sih maksud dari masing-masing kata? Mari simak penjelasannya berikut ini.

  1. Gotta

Kata gotta berasal dari (have) got to yang memiliki arti ‘harus’. Contoh penggunaannya adalah “I gotta go now,” (aku harus pergi sekarang) “I gotta sleep earlier,” (aku harus tidur lebih awal). Selain gotta, kata kontraksi lain yang juga berakhiran dengan +ta adalah hafta (have to) dan oughta (ought to).

  1. Kinda

Kinda merupakan kontraksi dari kind of yang berarti ‘agak’. Kita bisa menggunakan kata ini misalnya di dalam kalimat, “The movie is kinda boring,” (filmnya agak membosankan). Serupa dengan kinda, contoh kata lain yang menggunakan +a adalah sorta (sort of), outta (out of), dan a lotta (a lot of).

  1. Dontcha

Dontcha adalah kontraksi dari kata don’t you yang menekankan kata ‘tidak’. Kata ini bisa diterapkan pada kalimat seperti, “Dontcha know about it?” (tidakkah kamu tahu tentang hal itu?) atau “Why dontcha sing me a song?” (kenapa kamu tidak menyanyikanku sebuah lagu?) Selain dontcha, kata lain berakhiran +cha yang biasanya kita temui adalah wontcha (won’t you), gotcha (got you), whatcha (what are you).

  1. Gimme

Kata yang memiliki arti ‘beri aku’ ini merupakan konstraksi dari give me. Contoh penggunaannya adalah, “Gimme that money, I really need it!” (berikan aku uangnya, aku sangat membutuhkannya!)

  1. Ain’t

Ain’t merupakan kontraksi dari is not, are not, am not, does not, do not, has not, have not. Artinya bisa sangat beragam tergantung dari konteks di dalam kalimatnya, yaitu bukan, tidak, atau belum. Beberapa contoh penggunaannya adalah, “He ain’t ugly,” (dia tidak jelek), “It ain’t the thing that I want” (itu bukanlah hal yang aku inginkan), “I ain’t read it yet,” (aku belum membacanya).

Bagaimana, menarik kan? Semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa terus perkaya bahasa Inggris kita. 🙂

 

Komentar



error: Konten dilindungi!