Belajar Presentasi yang Baik sambil Ngopi Part #2

15057398_1802026930070566_6416167771373043712_n

Halo sobat iCampers, sebagai mahasiswa, kita pasti sering melakukan presentasi, benar kan? Nah, selain untuk tugas perkuliahan, presentasi juga bisa dilakukan untuk hal-hal di luar kampus. Sayangnya, walaupun sering dilakukan jarang ada yang benar-benar memperhatikan bagaimana presentasi yang baik. Padahal, presentasi yang baik bisa menjadi nilai tambah bagi tugas tersebut dan juga pasti nantinya ketika sudah bekerja, kemampuan presentasi yang baik akan sangat diperlukan.

Untuk melatih kemampuan presentasi mahasiswa, Perpustakaan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN mengadakan acara Ngopi #2 yang bertemakan “Presentasi Keren dengan Animasi dan Video”. Ngopi (Ngobrol Positif dan Berisi) adalah kegiatan yang diselenggarakan Perpustakaan PKN STAN untuk melatih berbagai kemampuan mahasiswa.

Di Ngopi #2 ini diajarkan bagaimana agar audience bisa fokus pada presentasi kita. Hal-hal yang bisa kita lakukan adalah dengan memperhatikan tentang font atau huruf dalam presentasi. “Gunakan Font sesuai dengan isi presentasi kita. Font sesuai bisa membuat presentasi lebih menarik,” kata Shobiburrahman yang menjadi narasumber di Ngopi #2 ini. Selain pemilihan huruf, pentingnya ‘memberikan ruang’ dalam presentasi dengan tidak terlalu banyak memasukkan kata-kata juga menjadi hal penting agar audience tidak bosan.

Selain pemilihan huruf dan isi, narasumber lain yaitu Bagas mengatakan bahwa gambar dan video bisa menjadi penarik perhatian ketika penonton sudah mulai bosan dengan presentasi kita. Bagas menjelaskan pentingnya mengetahui komposisi dalam meletakkan gambar dan video dalam presentasi agar bisa menarik perhatian penonton, karena kalau asal memasukkan unsur tersebut maka presentasi pun akan membosankan.

Terakhir, Shobi mengatakan bahwa pelajari dulu materi presentasi sebelumnya. Karena ketika presentasi, kita menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan kepada orang lain, bukannya membaca teks yang ada di presentasi.

Komentar



error: Konten dilindungi!