4 Aturan dalam Membuat Email Profesional

sejarah-email

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk terlihat lebih profesional dalam perjuangan mencari magang atau kerja, mulai dari membuat CV yang sempurna hingga memakai pakaian yang rapi saat wawancara. Namun, satu hal yang mungkin terlihat sepele tetapi tidak boleh dilupakan adalah alamat email.

Ternyata, ada aturan tertentu agar alamat email kamu terlihat lebih profesional di mata rekruter:

1. Alamat email harus mencakup nama lengkap kamu

Mungkin kamu memiliki nama panggilan yang populer di antara teman-teman kamu. Namun, nama panggilan ini sebaiknya jangan digunakan untuk alamat email karena alamat email yang profesional tidak boleh menyulitkan orang untuk mengenalmu.

2. Buatlah alamat email yang sederhana dan rapi

Seperti apa alamat email yang sederhana dan rapi? Gunakan format seperti ini misalnya:

firstname.lastname@gmail.com

atau

lastname.firstname@gmail.com

Dua format seperti di atas terlihat jauh lebih rapi dibanding format email seperti j.smith123@gmail.com

Intinya : Jangan membuat alamat e-mail yang sulit untuk diingat atau sulit untuk diketik. Jika namamu sangat umum dan kamu sulit membuat alamat email yang terlihat rapi seperti di atas, atau jika namamu sendiri memang sulit untuk diketik, maka pertimbangkan membeli domain yang bisa kamu gunakan sebagai alamat emailmu.

Misalnya, namamu Mariska dan kamu membeli domain mariska.co. Dengan membeli domain ini, kamu bisa membuat alamat email yang rapi seperti halo@mariska.co. Memang butuh sedikit usaha, tapi dapat dipastikan kamu jadi terlihat lebih profesional.

3. Hindari referensi ras, gender, agama, atau hal-hal yang “liar” di alamat emailmu

Sepertinya poin ini sudah cukup jelas. Alamat email seperti youngwildfree@gmail.com jelas-jelas tidak profesional. Kamu boleh gunakan alamat email seperti itu untuk bermain online game, tapi jangan pernah gunakan untuk aplikasi kerja, ya.

4. Hindari kata-kata yang rentan typo

Orang-orang tidak selalu melakukan copy-paste alamat email saat ingin mengirim email kepada kamu. Seringkali mereka mengetik ulang alamat emailmu, sehingga penting untuk menghindari kata-kata yang rentan typo agar meminimalisir kemungkinan typo.

Alamat email seperti john.smith.394857 mungkin masih sedikit termaafkan, tapi lebih panjang dari itu sangat tidak disarankan, apalagi jika terdapat banyak angka.

Dirangkum dari  : http://workplace.stackexchange.com/questions/11731/what-should-a-professional-email-address-look-like

Komentar