Ya, kita bisa memilih untuk tetap melanjutkan kuliah karena sudah kepalang tanggung dan keluar banyak biaya atau menyerah dan pindah jurusan lain yang sesuai dengan apa yang kita kehendaki atau lebih tepatnya sesuai dengan apa yang menjadi passion kita. Namun, yang terberat adalah melanjutkan kuliah, karena jika pindah jurusan, meskipun itu diulang dari awal, jika sudah passion kita, pasti tidak akan terasa berat, justru cenderung kita akan menikmatinya. Kenapa melanjutkan kuliah justru malah berat? Ya, karena kita menuntut diri kita sendiri untuk bisa bertahan di lingkungan yang bukan seharusnya kita berada.

Lalu, bagaimana cara menjalani proses kuliah bagi kita yang tetap melanjutkan kuliah meskipun salah jurusan?

1. Kunci utama adalah kesabaran

Sabar adalah kunci kemenangan kita untuk bisa menyelesaikan kuliah. Meskipun kesabaran berlaku untuk semua mahasiswa tapi akan terasa berbeda bagi mahasiswa yang merasa salah jurusan. Seiring dengan kesabaran yang kamu lakukan, kamu juga harus mulai berpikir, bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, jika kita mau sedikit saja berusaha pasti akan ada hasilnya. Sabar dalam mengikuti kegiatan perkuliahan, sabar dalam mendalami materi, dan sabar dengan kepintaran teman sekelas.

2. Tetap tenang dan rileks

Jika kita merasa ketika sedang menerima materi kuliah dan kita kebingungan, jangan sungkan untuk bertanya kepada Dosen. Jika bertanya kepada Dosen masih saja membuat kita bingung, jangan panik, masih ada teman kita yang mungkin bisa menjawab. Kita bertanya kepada teman yang tentu saja akademiknya lebih bagus dari kita, jangan bertanya kepada yang sama-sama bingung, nanti malah semakin kacau. Ketenangan adalah poin yang harus kita raih disini, karena dengan bersikap tenang, kita akan lebih mampu memikirkan hal apa yang harus kita lakukan, ya semisal itu tadi bertanya kepada dosen jika kita belum mengerti.

3. Jangan racuni pikiranmu dengan hal yang tidak penting

Ini adalah salah satu pola pemikiran yang harus kita hindari ya, meskipun kita salah jurusan tapi pantang bagi kita untuk berpikir negatif. Tanamkan pikiran positif kita, anggap saja ini adalah rejeki dari Tuhan untuk kita. Setiap keputusan ataupun setiap kejadian apapun yang kita alami di dunia ini, itu sudah pasti adalah kehendak Tuhan.

4. Tetap semangat untuk menyelesaikan kuliah

Tak ada alasan apapun untuk kita bermalas-malasan untuk kuliah. Buang jauh-jauh pikiran bahwa kita ini salah jurusan, dan mulai tumbuhkan lagi semangat kita yang telah layu terbakar panasnya rasa pesimis kita. Lihatlah kedua orang tua kita yang tak pernah letih untuk berjuang dan berdoa untuk kita.

Kita harus bangkit dan semangat untuk menyelesaikan kuliah kita, agar orang tua kita bahagia dan kita bisa cepat melanjutkan ke dunia yang lebih luas dan menantang lagi, yaitu dunia kerja. Jadi, jangan patah semangat ya !

5. Jalin komunikasi dengan lebih banyak teman

Jika kita merasa salah jurusan dan kita malah tetap diam saja tanpa mencoba berbuat apapun, percayalah itu akan jadi sumber malapetaka selanjutnya untuk kita. Jangan jadi orang bodoh seperti itu, manusia adalah makhluk sosial bukan?

6. Yang terakhir, optimis harus tetap ada

Setelah apa yang kita lakukan, jika kita tidak ada rasa optimis sedikitpun, tentu hal ini akan menjadi percuma.

Sekali lagi meskipun salah jurusan, tapi rasa optimis harus tetap digelorakan dalam lubuk sanubari kita. Optimis akan membuat kita percaya diri bahwa kita mampu, kita bisa, kita kuat dalam menjalani kuliah kita ini. Jika orang lain saja bisa, kenapa kita tidak ?

Cr : www.hipwee.com