Talkshow “Untukmu Para Pemburu Beasiswa, Ayo Kupas Tuntas Tips & Trik Lolos Beasiswa”

persiapan-awal-mendapatkan-beasiswa

Sahabat iCampus Indonesia, pasti diantara impian terbesar masing-masing adalah dengan melanjutkan pendidikan keluar negeri. Tidak ada yang tidak mungkin untuk hal tersebut. Bagaimana cara mewujudkan impian tersebut? Dan hal-hal apa saja kah yang perlu dipersiapkan?

Menjawab permasalahan tersebut dengan bangga Lembaga Kreatifitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Univesitas Muhammadiyah Makassar menggelar talkshow “Untukmu Para Pemburu Beasiswa, Ayo Kupas Tuntas Tips & Trik Lolos Beasiswa”. Talkshow tersebut menghadirkan pembicara yang luar biasa sekaligus penerima beasiswa luar negeri yaitu Muhammad Ahkam Arifin, S. Pd, MSc TESOL (MoRA Scholarship at The University of Edinbrugh, Inggris) dan A. Manggala Putra, SE, MSc (LPDP Sholarship at The University of Nottingham).

Talkshow ini dilaksanakan pada 3 Desember bertempat di MEC English Coffee, Makassar. Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Makassar dengan sangat antusias. Pada talkshow ini diisi oleh Muhammad Ahkam Arifin, S. Pd, MSc TESOL. Beliau memberikan tips agar menjadi salah satu penerima beasiswa baik dalam maupun luar negeri sebagai berikut ini:

1. Niat

Pertama hal yang harus dilakukan adalah niat. Karena niat yang baik akan mendapatkan hasil yang baik. Dan niat adalah modal awal dalam mengiringi usaha yang akan kita lakukan serta menjadi motivasi untuk tetap melanjutkan apa yang telah kita niatkan.

2. Organisasi

Dunia kampus tidak pernah terlepas dari urusan organisasi. Karena organisasilah yang mengajarkan diri agar lebih dewasa. Serta banyak ilmu yang didapatkan diorganisasi yang tidak didapatkan dibangku perkuliahan.

3. Prestasi

Ukirlah prestasi sebanyak mungkin. Dan ini menjadikan nilai jual yang sangat tinggi serta menjadi daya tarik sendiri diantara mahasiswa lainnya dikampus masing-masing. Prestasi baik akademik dan non akademik harus seimbang. Mengingat bahwa dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain.

4. Bahasa Inggris

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting. Termasuk dalam akademik, bahasa merupakan hal yang wajib dimiliki. Seperti bahasa Inggris, merupakan salah satu bahasa internasional yang banyak digunakan diseluruh dunia. Dan dalam hal akademik dan beasiswa banyak persyaratan yang menyertakan apakah kita memiliki sertifikat sebagai bukti bahwa kita mampu berbahasa Inggris. Namun pertanyaan apakah TOEFL atau IELTS yang lebih banyak digunakan. Sebagai rekomendasi lebih baik sekarang lebih mempersiapkan dan memilih IELTS. Karena salah satu keunggulan dari IELTS adalah lebih banyak digunakan diseluruh negera dan persyaratan beasiswa.

5. Pendekatan

Pendekatan yang dimaksud adalah mendekat diri dan mencari jaringan kepada mereka para penerima beasiswa. Hal tersebut lebih baik karena bisa melakukan sharing dan diskusi yang lebih bebas dan santai. Serta belajar dari pengalaman kepada mereka yang telah merasakan. Karena guru yang terbaik adalah pengalaman.

6. Searching

Hal ini sangat perlu untuk dilakukan, mengingat informasi-informasi datang setiap saat. Ini bisa dilakukan melalui googeling, mading kampus maupun kepada orang-orang yang mempunyai banyak akses informasi.

7. Persiapan

Dari sekian hal diatas, persiapan adalah hal yang lebih utama. Karena persiapan yang matang akan menghasilkan hasil yang lebih maksimal. Kita perlu untuk membuat perencanaan baik tersirat maupun tersurat agar lebih terstruktur dan tidak mudah untuk dilupakan. Catatlah hal-hal yang perlu lalu perhatikan setiap saat agar menjadikan alarm untuk terus menginstropeksi diri.

 

Kemudian ditambahkan oleh A. Manggala Putra, SE, MSc strategi yang harus dilakukan seperti berikut :

1. Tahun Pertama

Pada tahap ini terkhusus pada mahasiswa baru perlu menyusun strategi yang matang. Hal pertama diawal-awal perkuliahan selain akademik harus diiringi dengan organisasi. Carilah organisasi yang mampu menggembangkan diri anda, dan sesuia dengan kebutuhan. Cerdaslah dalam memilih organisasi.

2. Tahun Kedua

Mulailah berkarya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh kampus maupun lembaga terkait. Pada tingkatan ini lebih mahasiswa dituntut agar lebih menambah jaringan kepada mahasiswa-mahasiswi diluar daerah. Sertu ukirlah prestasi sebanyak mungkin agar menjadi kenangan dan sejarah yang berharga dalam hidup ini.

3. Tahun Ketiga

Fokuslah pada pengabdian diri kepada masyarakat. Pada level ini mahasiswa dituntut agar mampu untuk berinteraksi dengan masyarakat. Karena mahasiswa ada karena masyarakat ada. Sejatinya manusia yang baik apabila bermanfaat kepada sesama manusia. Serta kontribusi nyata untuk bangsa dan negeri ini.

4. Tahun Keempat

Evaluasilah diri apakah telah tercapai semua prioritas yang telah diinginkan. Apabila belum, masih ada waktu untuk memperbaiki. Tak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan. Ditahap ini kesadaran dirilah yang sangat perlu untuk menjadi lebih dewasa dalam menyikapi hal apapun.

Terakhir, ketua Lembaga Kreatifitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Univesitas Muhammadiyah Makassar Darwis berharap bahwa “Perlunya meningkatakan sumber daya manusia melalui pendidikan. Dan sharing seperti talkshow kali ini agar melebih meransang mahasiswa terkhusus mahasiswa tingkat akhir bermimpi dan mampu mewujudkan mimpi tersebut untuk melanjutkan pendidikan keluar negeri melalui program beasiswa”. (3/12)

Kunci dari kesuksesan adalah dengan berusaha lebih dari biasanya dan berdoa lebih banyak dari biasanya.

Komentar



error: Konten dilindungi!