Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) STBA LIA Jakarta

learn_indonesian

Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan atau hanya dipelajari oleh warga negara Indonesia. Ternyata bahasa Indonesia juga dibutuhkan dan banyak diminati oleh berbagai kalangan seperti mahasiswa internasional, atau ekspatriat yang memiliki tugas dinas di Indonesia, jadi sama halnya dengan bahasa asing lain yang digunakan juga dipelajari oleh warga negara lain.

Dengan banyaknya jumlah peminat yang tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia, STBA LIA mewadahi para penutur asing untuk belajar bahasa Indonesia melalui program BIPA ini. Program BIPA STBA LIA Jakarta diadakan sejak 2008, saat itu program BIPA hanya membuka kelas regular. Namun, kini STBA LIA Jakarta memberikan dua jenis program BIPA, yakni kelas regular dan kelas Darmasiswa BIPA yang dibiayai oleh Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN).

Periode pembelajaran dilakukan selama satu tahun yang dibagi menjadi dua semester. Semester pertama dimulai pada bulan September dan selesai pada bulan Desember dan semester kedua dimulai bulan Februari hingga bulan Mei. Jadwal belajar diadakan pada hari Senin-Jumat pukul 10.00-14.40 WIB. Selama pembelajaran para penutur asing tidak hanya belajar kemampuan dalam berbahasa Indonesia saja, namun mereka juga belajar tentang norma, nilai, juga tradisi dan menerapkannya dalam kehidupan secara langsung.

Pendaftaran program BIPA, baik untuk kelas regular maupun kelas beasiswa Darmasiswa, dapat dilakukan melalui laman STBA LIA Jakarta atau melalui e-mail Kantor Urusan Internasional STBA LIA Jakarta yaitu kuistbalia@gmail.com.

So, sobat iCampers jangan mau kalah dengan penutur asing! Mari kita gunakan bahasa Indonesia dengan lebih baik ya!

Komentar



error: Konten dilindungi!