Peringatan Hari Aids Sedunia oleh PIK M Aksiologi FISIP Unsoed dan BEM FISIP Unsoed

1-desember-hari-aids-sedunia-2012-munsypedia

Hari Aids Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember, tahun ini diperingati oleh UKM PIK M Aksiologi (UKM ini bergerak dibidang pemberian informasi dan konseling mengenai gaya hidup sehat dan pembentukan keluarga sehat dan berencana serta faktor-faktor penunjang lainnya termasuk pencegahan HIV/AIDS) bekerjasama dengan BEM Fisip Unsoed dengan cara melakukan aksi yang dilakukan di pertigaan yang berada disebelah selatan kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsoed.

Aksi ini dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2016 pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Dalam Aksi ini dibagikan pita merah sebagai simbol HIV/AIDS kepada para pengguna jalan. Selain itu dibagikan pula stiker dan lifeleet yang berkatian dengan HIV/AIDS.

Pada aksi ini juga dilakukan orasi dan pembacaan puisi yang berkenaan denga penanggulangan HIV/AIDS. HIV/AIDS adalah penyakit yang dapat dicegah dengan berperilaku sehat. Tidak berganti ganti pasangan, tidak melakukan seks bebas, dan menjauhi narkoba mampu meminimalisir resiko terkena HIV/AIDS.

Dalam orasi yang disampaikan juga menekankan pada stigma masyarakat yang harus dihilangkan mengenai penderita HIV/AIDS. Penderita HIV/AIDS tidak perlu dijauhi dan dikucilkan. Melainkan harus dibimbing dan diberi semangat agar tetap hidup produktif. Yang perlu dijauhi adalah penyakit HIV itu sendiri, bukan penderitanya.

Dengan dilakukannya aksi ini diharapkan masyarakat mengenal penyakit HIV/AIDS dan mampu menjauhi hal-hal yang dapat menyebarkan penyakit ini. Selain itu diharapkan aksi ini mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tetap menerima dan mengayomi para penderita HIV/AIDS. Penyakit HIV/AIDS merupakan ancaman bagi masyarakt Indonesia yang harus kita perangi bersama.

 

Komentar



error: Konten dilindungi!