Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia Untuk Mehamami Terjemahan Bahasa Asing

ternyata-bahasa-indonesia-tersulit-ke-3-di-asia-dan-15-di-dunia

Hai sahabat iCampers! Semoga tetap sehat selalu. Belajar Bahasa Indonesia sebenarnya cukup menantang lho!

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang penting karena dalam pemahaman menerjemahkan bahasa asing kita menggunakan bahasa Indonesia. “Bahasa Indonesia itu di jurusan mana pun itu sebenarnya cukup penting, tidak hanya di jurusan bahasa Indonesia. Kalau dikatakan dengan kata kurang menarik saya kurang setuju. Pembelajaran bahasa Indonesia sebenarnya dimulai sejak Sekolah Dasar, jika pembelajarannya berhasil maka bahasa Indonesia akan tetap ada. Seperti hal nya kita yang kuliah di jurusan bahasa asing saat penerjemahan, bila tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka orang yang membaca hasil terjemahan kita tidak bisa dipahami oleh orang yang membaca tersebut.” Ucap Kepala Jurusan Bahasa dan Sastra Jerman Universitas Negeri Surabaya.

Saat ini dalam era yang modern tentu kita tidak bisa lepas dari teknologi. Di sini tekonologi dari berbagai belahan dunia memasukkan bahasa Indonesia dalam penggunaannya. Ada dua ragam bentuk bahasa Indonesia yang digunakan dalam teknologi ini yaitu suara (audio) dan tulis (media).

Bahasa lokal/asli daerah juga tidak kalah penting dengan bahasa Indonesia. Berbagai hal di galangkan oleh pemerintah dan masyarakatnya untuk tetap mempertahankan jati diri bangsa, karena bahasa menunjukkan jati diri bangsa. Kiat-kita yang dapat dilakukan dalam menjaga bahasa Indonesia dan bahasa lokal/asli di daerah yaitu:

1. Cross Culture Understanding, kita harus memahami jika bahasa adalah produk budaya.

2. Penerapan dalam lingkungan, mengajak masyarakat tetap menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

3. Literasi, saat ini pemerintah sedang gencar menggalangkan budaya literasi di masyarakat.

4. Melalui pendidikan formal maupun nonformal.

5. Dengan teknologi yang masuk ke Negara Indonesia menggunakan bahasa Indonesia.

Adanya berbagai dampak positif dan negatif tidak dapat dipungkiri dalam menggunakan bahasa asing, adapun dampak yang di utarakan oleh bapak Suwarno yaitu memudahkan dalam berkomunikasi dan membuat lebih intim dalam menjalin hubungan dengan masyarakat dilihat dari segi positif, sedangkan dari segi negatif yaitu merubaha kaidah bahasa yang baik dan benar.

Kultur kebudayaan bahasa asing saat ini banyak yang masuk di Indonesia, lambat laun perekonomian dan bahasa juga mempengaruhi dan masuk di Indonesia. Ekonomi pengaruhnya sangat kuat dalam perkembangan negara, secara sadar atau tidak sadar bahasa juga akan menjadi pengaruh di negara itu. Seperti saat ini Negara Cina menjadi raksasa ekonomi dunia, sehingga bahasa mandarin digalangkan di Indonesia.

Logika belajar bahasa asing tidak akan cukup dan baik jika bahasa Indonesia kita tidak kuat. Beberapa bahasa asing sangat diperlukan untuk kata serapan dalam teknologi dan ilmu pengetahuan, karena ada beberapa bahasa asing yang tidak memungkinkan untuk diterjemahakan dalam bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa itu juga dapat membuat orang bingung, karena di Indonesia sendiri demi kesopanan. Semisalnya saja ada orang bertanya tentang alamat rumah, orang tersebut belum tentu tahu tetapi karena orang tersebut bertanya maka akan tetap dijawab walaupun tidak tahu alamat tersebut.

 

Komentar



error: Konten dilindungi!