Mengenal Pesta Sains Nasional IPB : Mengenal Saintis Muda

science-03

Memasuki tahun ke-14, Pesta Sains Nasional menjadi ajang yang tidak asing lagi di telinga para pelajar SMA. Kegiatan yang kembali diadakan kemarin 19 dan 20 november 2016 ini merupakan perhelatan sains terbesar yang diselenggarakan oleh FMIPA IPB. Tahun ini, Pesta Sains Nasional kembali menyuguhkan berbagai macam perlombaan yang dibalut secara apik dalam tema Magical Science. Dengan kompetisi yang meriah, tak heran jika partisipannya terus bertambah hingga 4000 peserta.

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IPB sendiri yaitu Prof.Dr. Ir.Herry Soehardiyanto di Gedung Graha Wisuda IPB dengan ribuan peserta yang sudah hadir sejak jam 8 pagi.

Selain lomba yang berasal dari masing-masing departemen seperti Statistika Junior, Meterologi Interaktif, Lomba cepat Tepat Biologi (LCTP), Chemistry Challenge, Matematika Ria, Computer Problem Solving Competition (CSPC), Kompetisi Fisika, Lomba Karya Ilmiah Populer (LKIP) ada juga lomba STEM (Science, Technology, Engineering anda Mathematics) Young Researcher Awards khusus pelajar dan juga guru. Tak hanya itu, Pesta Sains Nasional juga memberikan Penghargaan Guru Teladan.
Tak hanya perlombaan sains, para partisipan juga berkesempatan mengikuti berbagai sesi motivasi yang diisi banyak pembicara berkompeten di bidangnya. Sebut saja Ricky Elson (Pelopor Mobil Listrik Nasional dan Pendiri Lentera Angin Nusantara juga Immas Yuli Andani dan Hasrul Abdurrahman yang merupakan mahasiswa berprestasi IPB yang telah menjadi delegasi Indonesia dalam berbagai event internasional. Sesi kedua juga tak kalah menarik yang diisi oleh Indra Prima (General Manager & Master Trainer Mitrasiswa Group).
Selagi mendampingi para murid berlomba, guru pendamping juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seminar keguruan bersama Tio Nugroho (Pengajar Muda Indonesia mengajar), dan seminar bertemakan Computational Thinking Promoter in Indonesia dari Bebras.or.id.
Sedangkan untuk pengisi acara hiburan, Pesta Sains Nasional 2016 mendatangkan Dion Indonesian Idol dan entertainment-entertainment lainnya. Tak hanya itu, para peserta juga bisa menikmati berbagai pameran inovasi di bidang ilmu pengetahuan alam dan stand untuk mengenal lebih dalam departemen dibawah naungan FMIPA IPB.
Sejalan dengan tujuannya, Pesta Sains nasional dibentuk untuk menyuguhkan sains yang berbeda, menarik dalam berbagai bentuk kegiatan sains yang menyenangkan. Event ini memperebutkan piala bergilir Presiden, Kementrian Riset dan Teknologi, BMKG dan lainnya.
Bukan hanya hadiah, para peserta yang berpartisipasi dalam PSN juga mendapatkan pengalaman dan motivasi berharga dari setiap rangkaian acara selama 2 hari itu. Ajang ini diharapkan mampu menjadi kompetensi bergengsi dan menemukan bibit-bibit baru dalam dunia Saintis Indonesia juga dijadikan acuan untuk meningkatkan kemampuan sains dengan lebih baik lagi. Sementara itu, SMA Santa Laurensia kembali merebut gelar juara umum pesta sains nasional tahun ini.
Wah Keren banget kan acaranya? Nantikan Pesta Sains Indonesia tahun depan ya.
YUK SAINSKAN INDONESIA, MARI BERPESTA

Komentar



error: Konten dilindungi!