Dunia pekerjaan yang lebih mengutamakan Soft Skill dibandingkan Hard Skill

hard-skill-and-soft-skill

Hai sahabat iCampers, sadar kah kita akan dunia pekerjaan saat ini? Yah dunia semakin berkembang, apalagi dengan semakin canggihnya teknologi, semua serba instan bahkan dalam mencari informasi seputar dunia pekerjaan. Akan tetapi, meskipun di bantu oleh teknologi misalnya komputer, tidak menjamin seseorang akan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan Skill(kemampuan) yang dimilikinya. Mengapa demikian?

Banyak kejadian yang dialami  oleh mahasiswa setelah sarjana. Kebanyakan dari mereka yang telah usai menempuh pendidikannya mengalami pengangguran. Contohnya saja sarjana ekonomi yang sering kali kita temui di sekitar kita. Soft Skill(pengembangan potensi diri)  yang mereka miliki tidak cukup membantu untuk mengurangi pengangguran. Karena, mereka hanya meningkatkan Hard Skillnya ( penguasaan ilmu dalam bidang pendidikan) saja agar di pandang memiliki pemikiran yang cerdas. Akan tetapi jika dilihat dari segi komunikasi masih belum memenuhi standar. Hal ini merupakan ancaman bagi kita dalam mencari lowongan pekerjaan, khususnya mahasiswa yang akan menyandang gelar Sarjana.

Dalam dunia pekerjaan tidak hanya Hard Skill  saja yang harus kita kuasai, Soft Skill pun   harus lebih dikembangkan untuk mendampingi hardskill. Saat ini, dunia pekerjaan membutuhkan keahlian khusus yaitu Soft Skill yang dimiliki seseorang untuk dapat bersaing satu sama lain. Suatu perusahaan tentunya akan melihat Skill yang dimiliki seseorang untuk penempatan kerja dibidang yang dikuasai. Misalnya seseorang ahli di bidang komputer, tentu dia akan di tempatkan pada pekerjaan yang menyangkut komputer, begitupula pada bidang lainnya akan di tempatkan sesuai dengan Skillnya.

Nah buat sahabat iCampers, perbanyaklah ilmu Soft Skill kalian mulai dari sekarang, karena seseorang akan terlihat pintar apabila menempatkan sesuatu ilmu pada tempatnya dan seseorang akan terlihat bodoh ketika tidak bisa mengapresiasikan ilmu yang dimilikinya.

 

 

Komentar



error: Konten dilindungi!