5 Hal Mahasiswa yang Gagal Menjadi Mahasiswa Sebenarnya

Gak Perlu Minder Walau Kamu Mahasiswa Diploma

Apa yang membuat mahasiswa gagal menjadi mahasiswa?

Menjadi mahasiswa adalah impian yang sangat diimpikan pelajar-pelajar SMA atau sederajat. Untung-untung jika dalam perjalanan kuliah mendapatkan Beasiswa, IPK Cumlaude, Aktivis, punya penghasilan sendiri dan lulus cepat. Tapi terkadang perjalanan menjadi mahasiswa tidak selancar yang dibayangkan, ada saja jalan hambatannya. Apa saja hal-hal yang membuat mahasiswa gagal menjadi mahasiswa?

1. Masalah keluarga

Bukan hal yang tabu jika ada seorang mahasiswa yang merasa passionnya bukan berada di dunia perkuliahan, akan tetapi orangtua mengingikan dia tetap berkuliah. Apa yang harus dilakukan? Jalani saja apa yang diinginkan orangtua. Mereka pasti ingin yang terbaik buat kamu. Namun jika kondisinya sudah tidak memungkinkan, silakan bicarakan baik-baik dengan kedua orangtua. Sampaikan hal-hal yang menjadi pertimbangan kamu. Sisihkan ego, dengarkan pendapat orangtua, dan terima dengan lapang dada apapun hasilnya.

2. Salah Jurusan

Ketika memasuki SMA atau sederajat, kamu harus menemukan bakat, passion atau minat kamu agar ketika sudah memutuskan untuk melanjutkan perkuliahan, kamu tidak merasa kebingungan lagi memilih jurusan. Betapa banyak mahasiswa yang tidak mengenali dirinya, lalu dia memilih jurusan seadanya dengan dalih, “yang penting kuliah terlebih dahulu”, namun mereka melupakan kata selanjutnya yang mungkin terjadi, yaitu “menyesal kemudian”. Ya inilah yang terjadi bagi mereka yang salah jurusan. mereka ternyata memasuki dunia perkuliahan yang sebenarnya bukan minat mereka. Makanya, pertimbangkan dengan matang sebelum memilih jurusan. Kamu perlu mendiskusikannya dengan keluarga agar kamu dapat meminimalisir kesalahan pemilihan jurusan.

3. Merasa Terkekang

Nikmati masa perkuliahan kamu dengan penuh kebebasan. Jangan sedikit-sedikit merasa terkekang, merasa tidak bebas, merasa paling banyak tugasnya. Padahal tugas semua mahasiswa sama saja. Kecuali tugas kelompok diserahkan ke kamu semua. Jika tugas kamu menumpuk, jangan melarikan diri atau ingin merasa bebas dengan meninggalkannya. Tidak akan menyelesaikan tugasmu. Hadapi dan kerjakan. Enjoy your study.

4. Asik Dengan Hobby.

Jika kamu memiliki hoby yang sangat banyak, jangan sesekali melupakan tugasmu yang sebenarnya, yakni belajar. Jangan lupa kalau kamu tetap mahasiswa.

5. Lelah Meniti Jalan

Jangan terlalu berlelah diri, perjalanan menjadi mahasiswa membutuhkan tenaga ekstra. Terlebih jika kamu mengambil pekerjaan part-time atau full-time. Pasti kelelahan akan bertambah. Jika sudah demikian, yang perlu kamu lakukan adalah mengatur jadwal kerja dan kuliah.

Komentar



error: Konten dilindungi!