5 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Mengerjakan Skripsi Tanpa Stress

skripsi

One thing for sure, kamu harus menyadari bahwa kuliah kamu selama tahun-tahun belakangan bukanlah perjalanan lari sprint. Melainkan sebuah maraton, dimana kamu harus melewati berbagai stage dan ragam halang rintang. Dan sekarang hanya tinggal 1 halang rintang besar yang perlu kamu lewati and soon you will be free. Sadarlah, menyelesaikan skripsi hingga maksimal adalah sebuah keharusan.

1) Planning is the Key

Jangan langsung membuka laptop dan buru-buru mengerjakan Bab I, tenangkan pikiranmu, simak lingkungan sekitarmu, tarik napas dalam, dan tutup matamu.

Bayangkan secara perlahan, apa masalah yang benar-benar kamu bisa angkat. Jangan angkat masalah yang hanya akan memberatkan kamu. Cari yang sesuai dengan kapasitas kamu, baik dari segi knowledge, referensi, koneksi, dan waktu.

Most students failed karena mereka kebanyakan memilih permasalahan yang tidak mereka kuasai. Mereka memilih entah karena isunya sedang trend atau karena temannya juga memilih isu yang serupa. Well, don’t do that.

Setelah kamu benar-benar mengetahui apa permasalahan yang diangkat, jangan langsung buru-buru membuat draft dan presentasi ke dospem. Teliti lebih dulu, tulis dalam 1-2 halaman lalu ceritakan apa yang kamu ketahui tentang isu dan permasalahan yang kamu angkat dan tulis juga apa dan kenapa kamu ingin meneliti hal tersebut. Dan setelah itu, baca lagi dan resapi secara mendalam. Tulisan ini bukan untuk dospem ataupun kata pengantar, ini hanya akan dibaca oleh kamu sendiri. Ini hanyalah salah satu cara yang bisa membantumu untuk mengetahui apakah kamu benar-benar menguasai permasalahan yang akan kamu angkat atau tidak.

Setelah itu, buat step by step yang perlu kamu lakukan jika memang kamu ingin meneliti sesuatu. Misal, jika kamu memutuskan untuk meneliti Grafologi, maka tentunya mewawancari atau mengobservasi cara kerja grafologis juga harus masuk dalam daftar step by step kamu.

Mulailah menulis step by step dari langkah yang paling sederhana, seperti menulis apa saja benda yang akan kamu butuhkan untuk membantumu menulis dan lainnya. Like they said, one small step for human, one giant leap for the world.

2) Review Your Plan

Cek lagi, apakah plan kamu sudah relevan? Apakah kamu melihat ada orang lain yang lebih tepat untuk ditanyai hal-hal tertentu? Jangan takut untuk mengubah plan yang sudah kamu buat, karena plan itu akan kamu gunakan sebagai guidance untuk menyelesaikan skripsimu hingga akhir, so make it more flexible.

3) Feedback

Biasanya second or third opinion akan membantumu untuk melihat permasalahan dan plan yang kamu buat dari sudut pandang yang berbeda. Ditambah lagi, orang lain akan memiliki memori yang lebih fresh dibanding kamu yang sudah memikirkannya berhari-hari.

Tambahkan setiap saran dan kritik ke plan kamu, tentunya itu akan membuatmu menemukan hal baru atau bahkan cara baru untuk menyelesaikan skripsimu lebih cepat atau bahkan lebih baik dari yang kamu bayangkan.

4) Tulis

Siapkan mentalmu, siapkan draft dan presentasi kamu ke dosen pembimbing.

Di saat kamu presentasi, one thing to remind, bahwa kamu presentasi untuk meneliti suatu permasalahan. So, make sure every single thing yang kamu present itu relevan dan saling berkorelasi. Dan di saat semua di-acc, mulailah menulis. Dan beranikan dirimu untuk revisi, revisi, revisi, revisi, revisi, dan revisi.

5) Olahraga

Karena kamu harus duduk berjam-jam begadang mengejar tenggat yang sangat amat padat. Jadi, jika kamu tidak ingin muncul di hadapan dospem dengan muka terkantuk-kantuk, pastikan setiap pagi kamu berolahraga. Minimal lari-lari kecil keliling gang depan rumah selama 1 jam.

Olahraga, melatih fisikmu untuk tetap prima dan fokus dalam mengerjakan segala sesuatu. Olahraga, juga dapat membuat pikiranmu lebih tenang dan fresh. Karena setiap pagi kamu menghirup udara pagi dan menikmati kenyamanan hidup sebagai manusia seutuhnya.

So, take your time and enjoy your morning exercise.

Sumber referensi: AnakUIdotcom

Komentar