5 Cara Jitu Membaca dengan Baik

Closeup hand open book for reading concept background

Hai iCampers, membaca adalah hal yang menarik dan pekerjaan yang wajib dikerjakan oleh setiap individu, khususnya mahasiswa. Akan tetapi, terkadang, mahasiswa sulit untuk memahami isi teks tersebut. Apakah ada cara jitu mengatasi hal tersebut? Jangan khawatir, kami punya 5 cara jitu membaca dengan baik agar membaca itu terasa nikmat dan menyenangkan. Khususnya bagi kamu yang kurang memiliki minat baca terhadap suatu buku. Apa saja hal tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini

  1. Key Ideas (Kata Kunci)

Ketika kamu membaca sebuah buku, usahakanlah cari sebuah kata kunci dari buku tersebut. Misalnya, jika kamu ingin membaca sebuah buku tentang “politik”, maka kamu harus memusatkan perhatianmu kepada kata kunci “politik” tersebut. Setelah kamu mendapatkan kata kunci tersebut, usahakanlah untuk selalu mengkritik kata kunci tersebut agar kamu dapat memahami kata kunci tersebut.

  1. Review (Pengulasan)

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah mengulas kembali kata kunci tersebut. Kemudian tuangkanlah interpretasimu dalam memahami isi bacaan dalam buku tersebut. Menyaring perkata, perkalimat, ataupun perparagraf adalah cara yang jitu dalam mengulas dan mengembangkan kata kunci dari isi bacaan tersebut.

  1. Analizys (Menganalisa)

Langkah selanjutnya ialah menganalisa hasil pengulasan dan pengembangan dari kata kunci tersebut. Cara menganalisa dengan baik ialah menggunakan pendekatan ilmu pengetahuan yang kamu miliki. Ilmu pengetahuan sangat mempengaruhi pemahaman kamu dalam membaca. Usahakan, ketika membaca kamu harus meleburkan pengetahuan yang kamu miliki dalam memahami isi bacaan tersebut.

  1. Record (Merekam)

Merekam adalah cara selanjutntya dalam memahami suatu isi bacaan. Dengan merekam, kamu akan memiliki rasa ingin tahu dari suatu isi bacaan tersebut. Setelah kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, jangan lupa untuk mengkomparasikan beberapa kata-kata kunci dari setiap teks tersebut. Tentu, jika kamu ingin mengkomparasikan beberapa kata-kata kunci tersebut, kamu harus mencatatnya agar tidak lupa. Karena manusia memiliki ingatan yang terbatas, maka mencatat adalah salah satu metode yang mudah untuk merekam makna dari tiap isi bacaan tersebut.

  1. Over review (Pengulasan Mendalam)

Langkah terakhir yang harus dilakukan ialah mengulas secara mendalam dari tiap isi bacaan tersebut. Memparafrase ulang meruapakan cara yang sangat mudah untuk menerapkan over review ini dalam memahami sebuah isi bacaan buku tersebut. Memparafrase muncul karena adanya interaksi langsung dari interpretasi seorang pembaca dalam membaca suatu buku. Selain itu, situasi juga sangat mempengaruhi munculnya interpretasi seorang pembaca dalam memahami isi bacaan tersebut. Oleh karena itu, kami sarankan untuk mencari situasi yang aman dan nyaman bagi kamu saat membaca, karena tiap orang memiliki rasa kenyamanan yang berbeda-beda.

Nah, itulah lima cara jitu membaca dengan baik. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin meningkatkan minat baca kamu.

 

Komentar



error: Konten dilindungi!