Mengenal Manajemen dengan Sederhana

manajemen-bisnis-sederhana-770x470

Hola, iCampers! Pasti kalian tidak asing kan dengan kata ‘manajemen’. Artikel ini lebih akan membahas manajemen bisnis, ya iCampers!. Yuk lanjut, apa sih itu ‘manajemen’? Manajemen adalah sebuah proses dari perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengontrol seluruh sumber daya organisasi untuk mencapai sebuah tujuan. Sumber daya yang dimaksud dalam manajemen meliputi pekerja atau karyawan baik yang menggunakan tenaga fisik atau intelektual yang dimiliki untuk bekerja, sumber finansial atau dana untuk menunjang operasional, pemimpin sebagai pengambil keputusan, sumber daya fisik atau sarana prasarana seperti gedung perkantoran,  dan yang terakhir adalah sumber daya informasi.

Dalam pengelolaan organisasi, seorang manajer melakukan fungsi manajemen untuk mencapai tujuan organisasi. Sesuai definisi dari manajemen, ada 4 fungsi manajemen, berikut bahasannya.

Sebelum sebuah organisasi dibentuk dan dijalankan, seorang manajer harus lekakukan perencanaan (planning) terlebih dahulu. Perencanaan adalah fungsi pertama dalam manajemen, meliputi penentuan tujuan organisasi, menyusun strategi untuk mencapai tujuan, serta mengembangkan aktivitas terencana untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan dari fungsi ini untuk mengetahui apa yang harus oranisasi lakukan dan cara terbaik untuk mencapainya.

Setelah melakukan perencanaan, fungsi selanjutnya adalah pengorganisasian (organizing). Tahap ini menetukan cara mengatur sumber daya yang dimiliki organisasi untuk melakukan tugas masing-masing sesuai dengan job description yang ditentukan. Job description adalah deskripsi mengenai tugas apa yang akan dikerjakan, siapa yang akan mengerjakan, bagaimana tugas dikerjakan, kepada siapa tugas ini dipertanggungjawabkan, situasi kerja, dan peralatan, perlengakapan dan informasi yang digunakan untuk menyelesaikan tugas.

Dalam fungsi organizing ini, manajer menentukan tugas-tugas masing-masing orang yang saling berkaitan dan melengkapi satu sama lain. Walaupun tugasnya berbeda-beda namun saling melengkapi untuk mencapai tujuan organisasi.

Fungsi berikutnya adalah memimpin (leading), sebuah proses manajemen untuk membimbing dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam proses ini manajer memotivasi karyawan, mengatur banyak karyawan untuk tetap ‘berjalan’ sesuai aturan, menyelesaikan masalah serta membuat keputusan. Fungsi ini menuntut manajer untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Kemampuan komunikasi ini meliputi komunikasi interpersonal untuk berkomunikasi dengan karyawan, hal ini dianggap penting karena sebagai manajer dia harus mengetahui apa yang dirasakan dan diinginkan oleh karyawan sehingga organisasi dapat mengapresiasi dan menanggapi hal itu dengan benar. Tanpa karyawan, organisasi tidak akan berjalan dengan baik, maka disinilah fungsi manajer untuk mengkomunikasikan hal ini kepada otoritas yang lebih tinggi untuk ditindaklanjuti. Kemampuan komunikasi organisatoris untuk meng-cover komunikasi antara organisasi dengan komunitas lain yang bersangkutan dengan keberlangsungan organisasi

Fungsi yang terakhir adalah mengontrol (controlling), fungsi ini ditujukan memonitor aktivitas dalam organisasi untuk memastikan bahwa segala sesuatu berjalan sesuai rencana dan mengoreksi penyimpangan yang signifikan. Evaluasi juga menjadi salah satu bagian dari controlling, dalam evaluasi manajer diharapkan dapat memberi masukan untuk membenahi kinerja karyawan, sehingga tugas dapat diselesaikan dengan efektif.

Nah, demikian bahasan singkat mengenai manajemen. Ilmu manajemen sangat menyenangkan untuk dipelajari, karena kita dapat mengaplikasikannya tidak hanya dalam sebuah organisasi ataupun bisnis namun jugadalam kehidupan sehari-hari kita. Contoh sederhananya adalah manajemen waktu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk iCampers! sekalian! *Kristyar

Komentar



error: Konten dilindungi!