Keunggulan dan Kekurangan dari Jurusan Teknik Informatika

informatika

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Hay, iCampers,… Maaf baru posting artikel lagi karena ada beberapa tugas yang harus saya selesaikan,..

Pada artikel kali ini, saya akan membahas sekaligus mempromosikan jurusan Teknik Informatika, kebetulan jurusan ini adalah jurusan saya. Mengapa saya berminat mengambil di jurusan ini, Bagaimana prospek kedepan dari lulusan jurusan ini, dan lain-lain. Oke kita langsung aja..

Teknik Informatika mungkin bisa dibilang sebagai Jurusan Terfavorit di era sekarang. Hal ini dipicu semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi masa kini dan masih sangat minimnya tenaga IT di Indonesia. Sebuah fakta menyebutkan bahwa Indonesia masih membutuhkan kurang lebih 10 ribu tenaga IT yang lulusan dari Jurusan IT juga. Tidak heran kalau tenaga IT profesional di Indonesia ini sangatlah dibutuhkan dan pastinya akan dibayar dengan gaji yang tidak sedikit.  Menurut survei secara tidak formal ke teman-teman satu jurusanku tentang mengapa mereka memilih teknik Informatika untuk melanjutkan studinya, saya mendapatkan berbagai alasan. Berikut adalah alasan-alasan Mengapa memilih untuk kuliah di Teknik Informatika :

  1. Sarjana Teknik Informatika sangat diminati perusahaan – persahaan besar di Indonesia ataupun di Dunia
  2. Sarjana IT tidak hanya bisa menjadi seorang pekerja, namun juga bisa menciptakan pekerjaan sendiri
  3. Jurusan IT adalah jurusan yang paling diminati

Para lulusan IT jika didukung dengan kemampuan berwirausaha yang cukup pasti bisa menjadi pengusaha yang sukses. Hal ini didukung oleh fakta bahwa masih minimnya produk-produk IT buatan dalam negeri. Pasti pasar akan lebih memilih untuk membeli program-program buatan dalam negeri yang jauh lebih murah dengan kualitas yang tidak jauh beda dengan produk-Produk luar negeri.

Tak heran jikalau alasan ini dapat memperkuat niat kita untuk memilih Teknik Informatika sebagai tempat belajar lanjutan kita.

Untuk masalah kelebihan dan kelemahan dalam jurusan ini, saya rasa dalam jurusan ini, kemungkinan besar hanya mempunyai sedikit kekurangan, sebab seperti yang sudah saya jelaskan bahwa jurusan ini adalah jurusan yang mempunyai peluang besar dalam bidang pekerjaan, karena masih kurangnya tenaga IT di Indonesia. Oleh karena itu saat ini Teknik Informatika masih menjadi salah satu jurusan yang sangat di minati oleh mahasiswa.

 

~ Pilihlah jurusan yang kalian minati, tapi jangan lupa untuk memikirkan prospeknya juga untuk kedepannya…

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Komentar



error: Konten dilindungi!