Sudah Siap KKN Belum? Yuk Simak Apa Saja yang Perlu Kamu Persiapkan

85b70ed649e020107970014b83524fb4_kkn-umptb

(Foto oleh: Tedi Yusup)

Sumber gambar: http://www.unpad.ac.id/2015/08/pimpinan-unpad-lakukan-monitoring-kknm-di-tiga-kabupaten/

Apa kabar mahasiswa yang sudah masuk di tingkat akhir? Ada yang bulan Januari nanti akan KKN? Tanpa terasa waktu cepat berlalu. Kalau dipikir-pikir, serasa seperti baru kemarin ikut ospek di kampus. Namun ini bagian dari proses. Nyatanya banyak manfaat yang akan diperoleh setelah melakukan KKN.

Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan salah satu bentuk kegiatan mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di daerah tertentu yang biasanya berlangsung selama satu sampai dua bulan. Program yang dilakukan biasanya bergantung pada kebutuhan masyarakat daerah setempat atau dengan program-program khusus, seperti pendidikan. Pelaksanaan KKN juga akan dibagi pada tiap kelompok yang masing-masing anggotanya berasal dari lintas jurusan dan lintas fakultas.

KKN selalu diidentikkan dengan derah terpencil yang jauh dari pusat kota. Tak heran, mahasiswa yang akan melakukan KKN perlu melakukan persiapan yang matang sebelum benar-benar terjun langsung ke masyarakat. Berikut hal-hal yang bisa kamu persiapkan sebelum melakukan KKN.

  1. Dengan waktu yang cukup lama dan berada di daerah yang terpencil, bukan berarti kamu harus membawa terlalu banyak barang. Bawalah barang secukupnya dan pilihlah barang yang benar-benar diperlukan saat KKN. Ini juga akan memudahkanmu saat membawa barang dan tidak mengalami kerepotan.
  2. Jangan kesampingkan keperluan pribadi. Bawalah peralatan mandi yang sekiranya harus dibawa masing-masing dan juga obat-obatan pribadi jika kamu memiliki penyakit tertentu. Dengan demikian, paling tidak kamu tidak perlu untuk meminta atau meminjam barang temanmu.
  3. Pikirkan juga barang apa yang dibutuhkan oleh kelompokmu sebagai keperluan bersama. Seperti peralatan masak. Bagilah barang-barang yang dibutuhkan tersebut sesuai jumlah anggota. Ini penting agar saat di tempat tujuan kita sudah mempersiapkan apa yang dibutuhkan karena tidak jarang jarak antara desa ke pasar pun jauh dan membutuhkan waktu yang lama. Ingat, bawalah seperlunya saja.
  4. Yang tidak kalah penting persiapkanlah fisik dan mental. Di kegiatan inilah kita akan mengalami pengalaman dan hal-hal baru. Persiapkanlah diri sebaik mungkin. Kita akan bertemu banyak orang yang menilai bahwa mahasiswa adalah orang dengan intelektual tinggi dan berpengetahuan luas. Ikutilah peraturan yang ada di daerah setempat dan cobalah untuk ramah dan berbaur dengan mereka.
  5. Sebelum KKN, pikirkanlah program-program apa yang akan dilakukan nantinya. Ini akan memudahkan kita agar tidak lagi bingung saat sudah sampai tujuan. Pastikan niatmu tulus untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai kewajiban mahasiswa yang tidak hanya untuk mengejar nilai semata.

Jangan khawatir. Hal-hal mendetail lainnya bisa ditanyakan langsung kepada pihak kampus ataupun kepada mereka yang sudah melakukan KKN. Karena biasanya, pihak kampus akan terlebih dahulu melakukan pemberitahuan dan sosialisasi mengenai KKN. Selamat dan semangat KKN!

Komentar



error: Konten dilindungi!