Kosa Kata Bahasa Indonesia yang Sering Kamu Jumpai dalam Bahasa Inggris

ternyata-bahasa-indonesia-tersulit-ke-3-di-asia-dan-15-di-dunia

Era globalisasi merupakan fenomena dimana penggunaan teknologi menjadi kebutuhan dasar bagi tiap insan di dunia. Aturan bahasa dalam alat atau media teknologi umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, sehingga banyak kosa kata yang kita ketahui dalam bahasa Inggris, seperti berikut:

1. Gawai
Mungkin sebagain dari sobat iCampers baru mendengar kata gawai, padahal setiap harinya kita menggunakan kata tersebut dalam bahasa Inggris, yaitu gadget. Gawai ialah kata baku dari gadget yang mungkin kita lebih sering gunakan daripada gawai.

2. Penyintas
Orang-orang yang dapat bertahan hidup dalam keadaan tertentu disebut penyintas, atau sering kita sebut survivor dalam bahasa Inggris. Kata kerja dari penyintas adalah menyintas atau survive.

3. Linimasa
Kata yang satu ini juga menjadi bagian hidup kita, yang menjadi tempat untuk mengekspresikan perasaan kita melalui tulisan, gambar yang kita kirim. Tetapi kata linimasa juga masih terdengar asing untuk sebagian orang daripada kata timeline.

4.  Unduh-unggah
Dua istilah tersebut sudah pasti sering melekat pada kegiatan kita sehari-hari. Namun, banyak orang yang masih tidak mengenal dua kata tersebut daripada download-upload. Setting pada media sosial yang menggunakan bahasa Inggris membuat kita lebih mengenal kata download-upload.

5. Salin-tempel
Nah, kata-kata tersebut juga seharusnya menjadi kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Aktivitas salin-tempel sudah menjadi bagian hidup para pengguna teknologi, dimana kita bisa mendapatkan informasi dengan hanya menyalin kemudian menempel ke area yang kita inginkan. Tapi, mungkin masih banyak diantara kita lebih mengenal copy-paste daripada salin-tempel.

Semoga artikel ini bisa menambah pembendaharaan bahasa Indonesia kita dan bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita gunakan dan cintai bahasa persatuan Indonesia!

Komentar



error: Konten dilindungi!