10 Tempat Wisata di Kalimantan Barat

wisata-kalimantan-barat

Hallo Sobat iCampers, sebentar lagi liburan akan tiba, apakah sudah punya rencana untuk mengisi liburan? kalau belum, kali ini Kita akan membahas tempat-tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Kalimantan Barat, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menyusun rencana liburan teman-teman.

  1. Rumah Radakng

Rumah Radakng merupakan Rumah asli Suku Dayak, Rumah ini sering juga disebut Rumah Panjang atau Rumah Betang. Rumah Radakng ini terletak di daerah Saham, Kabupaten Landak. Ketika Berkunjung ke sini kita bisa mengenal lebih dekat kehidupan orang-orang asli suku dayak.

  1. Kota Singkawang

Tidak perlu jauh-jauh ke Tiongkok untuk melihat suasana kental Etnis Tionghoa. Di Kalimantan Barat kita bisa menemukan masyarakat dengan Bahasa Tionghoa yang sangat kental. Kota Singkawang sering disebut dengan Kota Seribu Klenteng.

  1. Air Terjun Riam Merasap

Air terjun ini terletak di Desa Batang Air, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan lebar sekitar 8 meter. Sangat

  1. Pulau Randayan

Bagi sobat yang ingin melakukan relaksasi dari tugas-tugas selama kuliah, Pulau Randayan bisa jadi salah satu pilihan. Pulau yang terletak di Kabupaten Bengkayang ini memiliki hamparan pasir dan batu yang sangat indah dan di pulau ini terdapat villa-villa yang menghadap langsung ke laut, bisa menambah kenyamanan berlubur sobat.

  1. Air Terjun Mananggar

Air terjun yang sering juga disebut air terjun melanggar, menaggar, banangar ini. Dengan Ketinggian sekitar 60 meter dan Lebar 60 meter membuat air terjun yangTerletak di Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak ini sering disamakan dengan air terjun Niagara di Amerika.

  1. Taman Nasional Gunung Palung (TNGP)

Taman Nasional Gunung Kalong terletak di Kabupaten Ketapang, dengan luas 90.000 hektar. di Kawasannya terdapat Gunung Palungyang mempunya ketinggian 1.116 meter dan menjadi habitat bagi 2.200 ekor orang utan. Bekantan juga terdapat di TNGP dengan jumlah yang besar.

  1. Sungai Kapuas

Sungai kapuas adalah nadi bagi orang asli Kalimantan, karena banyak aktivitas yang bergantung pada keberadaan sungai ini. Sungai ini bisa ditempuh dengan kapal wisata sekitar 45 menit dari Pontianak.

  1. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk terletak di sebuah desa terpencil di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas dan Cuma berjarak 4 Km dari Perbatasan Indonesia-Malaysia. Anda bisa merasakan kehidupan di titik terdepan Negri ini dan berfoto dengan latar belakang bendera dua negara.

  1. Danau Sentarum

Perjalanan ke Danau yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu dapat ditempuh selama 1 hari perjalanan darat dan 45 menit perjalanan udara dari Pontianak. Danau ini merupakan danau musiman dan menjadi habitat ikan arwana.

  1. Bukit Penjamur

Bukit ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 900 mdpl. Terletak di Kabupaten Bengkayang, yang dapat ditempuh sekitar 4 Jam jalur darat dari Pontianak, bukit ini tengah menjadi primadona dikalangan pencinta alam di provinsi ini. Dengan trek yang tidak terlalu sulit dan akses masuk yang mudah dijangkau, Bukit Penjamur ini menawarkan pemandangan lautan awan dan sunrise yang spektakuler.

Itu tadi 10 tempat wisata yang ada di Kalimantan Barat, sangat cocok bagi sobat yang menyukai Travelling dan menjadi sarana mengisi hari libur. Jadi, tunggu apalagi ayo berlibur ke Kalimantan Barat.

Komentar



error: Konten dilindungi!