Kementerian Luar Negeri RI Ajak Anak Muda Bersinergi Diplomasikan Budaya Nusantara

kemolekan-kampung-warna-warni-jodipan-160813w-005-2

Rabu, 30 November 2016, Mahasiswa Digital Communication Surya University berkesempatan berkunjung ke Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk mengetahui lebih detail tugas dan fungsi para diplomat dalam menjalankan tugasnya sebagai pelaksana kebijakan pemerintah di bidang politik dan hubungan Internasional.

Kegiatan dimulai dengan perbincangan mengenai diplomasi publik bersama Direktu Al Busyra Basnur, dalam materi nya beliau menuturkan salah satu asset yang dimiliki Indonesia ada pada sektor seni, budaya, juga Bahasa Indonesia. Komponen tersebut adalah harta yang tak ternilai harganya dan sesuatu yang harus dibanggakan.

Oleh sebab itu tak heran, Kementerian Luar Negeri RI gencar mendiplomasikan segala kebudayaan Indonesia kepada warga Internasional, salah satunya melalui program-program edukasi berbasis beasiswa untuk mahasiswa Internasional belajar mengenai kebudayaan nusantara, yang diperkenalkan lewat program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Tujuan program ini adalah memperkenalkan kepada generasi muda dari negara-negara sahabat berbagai identitas serta kepribadian bangsa yang khas, sikap kekeluargaan dalam keberagaman, kesantunan, toleransi, serta keterbukaan yang menjadi asas dalam kehidupan berbangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu untuk memperluas aktifitas diplomasi secara Internasional, beliau mengajak anak muda bersinergi dengan Kementerian Luar Negeri  RI dan turut serta dalam memperkenalkan kebudayaan Indonesia melalui platform media sosial yang saat ini keberadaannya menjadi alat pamungkas untuk komunikasi publik tercepat. Pasalnya, teknologi saat ini tengah hadir dalam setiap sendi kehidupan yang memiliki kekuatan terbesar dalam penyebaran informasi.

Kegiatan ini ditutup dengan mengelilingi Gedung Pancasila. Di sana adalah tempat bersejarah pertama kali nya asas kehidupan NKRI di rumuskan, serta tempat berkumpulnya para duta negara-negara sahabat untuk bersilaturahmi demi menjalin hubungan yang baik serta menjaga perdamaian dunia.

Komentar



error: Konten dilindungi!