5 Kursus Online untuk Menambah Skill Kamu di Dunia Kerja

web-developer-700x329

The 21st century is not for lazy people. Dengan begitu banyaknya resources yang tersebar di dunia maya, kamu tidak bisa lagi punya excuse untuk tidak menguasai suatu skill.

Terlepas dari apakah kamu masih kuliah atau sedang mencari kerja, berikut beberapa kursus online dari universitas ternama di dunia yang kamu bisa ikuti, untuk mendapatkan skill yang dibutuhkan kariermu nanti.

1) Marketing Analytics: Marketing Measurement Strategy (https://www.edx.org/course/marketing-analytics-marketing-uc-berkeleyx-busadm466-1x#!)

Sekreatif apa pun ide dan aktivitas marketing yang kamu lakukan, tidak ada gunanya jika kamu tidak bisa mengukur tingkat kesuksesannya. Kursus marketing analytics dari UC Berkeley ini akan mengajarkanmu bagaimana mengidentifikasi tren pasar, memprediksi kondisi masa depan, serta memahami metrik untuk mengukur kesuksesan aktivitas marketing—sebuah skill yang sangat dibutuhkan bahkan oleh posisi entry-level di bidang marketing.

2) Finance for Non-Financial Professional (https://www.coursera.org/learn/finance-for-non-finance-managers/)

Seorang profesional diharapkan untuk mengerti tentang finance karena erat kaitannya dengan profitabilitas dan pertumbuhan suatu unit bisnis. Kursus dari University of California, Irvine ini akan membekalimu dengan financial knowledge umum, meliputi analisis keuangan, perencanaan, forecasting, budgeting, cash flow, dan strategic financing. Kursus dari Coursera ini merupakan 1 dari 10 kursus yang tergabung dalam Career Success Specialization.

3) Introduction to Computer Science (https://www.edx.org/course/introduction-computer-science-harvardx-cs50x#!)

Kursus ini merupakan salah satu kursus paling populer di edX karena diselenggarakan oleh Harvard University. Introduction to Computer Science adalah mata kuliah dasar yang bisa diikuti semua orang, termasuk mereka yang tidak punya pengalaman programming sama sekali. Kursus ini akan mengajarkanmu bagaimana berpikir dengan algoritma serta menyelesaikan masalah dengan efisien. Kamu bisa memulai kursus online ini kapan saja di edX.

4) Learning How to Learn: Powerful mental tools to help you master tough subjects
(https://www.coursera.org/learn/learning-how-to-learn/)

What’s more important than learning? Learning how to learn. Pada kursus yang diselenggarakan oleh University of California San Diego ini, kamu akan diajari teknik-teknik belajar yang digunakan oleh para ahli di berbagai bidang mulai dari seni, musik, literatur, matematika, sains, hingga olahraga. Kamu akan belajar, di antaranya, teknik mengingat, mengatasi procrastination, dan bagaimana otak bekerja—basically how to become better at anything.

5) How to Build a Startup (https://www.udacity.com/course/how-to-build-a-startup–ep245)

Walaupun kamu tidak punya rencana untuk membuat startup-mu sendiri, kursus ini akan sangat berguna untuk kamu yang bekerja di startup. Di kursus ini, kamu akan belajar bagaimana mengembangkan dan menguji ide secara cepat dengan mengumpulkan customer feedback dalam jumlah yang banyak. Banyak startup yang gagal karena tidak memvalidasi ide mereka sejak awal dengan real-life customers, sehingga skill ini sangat penting untuk dikuasai. Kamu bisa mulai mengikuti kursus ini di Udacity kapan saja.

Sumber referensi: AnakUIdotcom, BukaPintudotco

Komentar