Paru-paru Surabaya

taman-bungkul-di-jalan-raya-darmo-surabaya

Taman Flora yang terletak di tengah kota Surabaya kini menjadi paru-paru yang menyejukan masyarakat Surabaya. Berbagai kalangan masyarakat menjadikan tempat ini sebagai pilihan rekreasi keluarga,mulai dari pelajar, mahasiswa, dan pegawai swasta. Selain tempatnya yang strategis, masyarakat tidak perlu membayar untuk menikmati semua fasilitas yang ada di taman flora ini karena pemerintah Surabaya menyediakan ‘Ruang Publik’ bagi mereka untuk bersantai, berkarya, berolahraga, dan mengadakan pagelaran seni disini.

Tempat seperti sangat dibutuhkan, pasalnya banyak manfaat dan dampak positif yang dapat diambil. Seperti yang diungkapkan oleh Indi, pelajar yang memanfaatkan fasilitas  ruang publik di Surabaya, dengan mengayuh sepedanya ia dan teman-temanya berkumpul untuk bermain bersama karena mereka bosan bermain game online. Fasilitas seperti Wifi, alat berolahraga, tempat bermain, taman baca, toilet, musholla dan penempatan binatang yang menjadi penyejuk mata masyarakat Surabaya didatangkan, seperti kolam ikan, sangkar burung besar, juga kandang rusa.

Masyarakat dapat memberi makan hewan dengan membeli pakannya kepada pedagang yang bertempat di depan pintu masuk. Berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Flora ini, sarana dan prasarana yang menunjang membuat tempat ini ramai dikunjungi. Wisata Outbond untuk anak-anak, tempat berkumpulnya komunitas, tempat rekreasi keluarga, hingga tempat untuk promosi suatu acara.

Hal unik yang ada disini adalah adanya rambu larangan untuk berpacaran atau bermesraan, mengingat pengunjung yang datang didominasi oleh anak kecil atau anak di bawah umur, sehingga kegiatan seperti bermesraan dianggap tidak mengedukasi dan membawa pengaruh negatif. Makanan yang dijual sangat beragam dan terbilang sangat ekonomis sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Tempat untuk menikmati makanannya sangat nyaman dan bersih, tidak hanya makanan berat saja yang di jual tetapi ada jajanan atau makanan ringan seperti leker, pentol, batagor dan banyak pedagang yang menjual mainan disini. Taman Flora ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Surabaya, saat ini terdapat dua taman flora atau kebun bibit di Surabaya, diharapkan pemerintah mengembangkan dan menyediakan ruang publik seperti ini di setiap sudut kota.

Captured by Nadia Annas

Komentar



error: Konten dilindungi!