Jika Informasi ini bermanfaat, jangan lupa share di medsos kamu :)

" />

Suka Duka Menjadi Mahasiswa Transfer

wisuda-binus-university

Menjadi mahasiswa transfer merupakan pengalaman yang tidak dimiliki oleh semua mahasiswa. Suka dan duka sebagai mahasiswa transfer tentu saja hanya dirasakan oleh mereka yang melakukan perpanjangan studi (pada umumnya transfer dari DIII ke S1, atau dari DIII ke DIV).

Perbedaan prinsip terkadang menjadi hal yang sedikit asing bagi mahasiswa transfer. Seperti diketahui bahwa di DIII lebih banyak menekankan pada pendidikan vokasi sedangkan di S1 yang lebih banyak diajarkan adalah bidang akademik. Hal inilah yang menjadikan perjalanan S1 mahasiswa transfer menjadi lebih berwarna.

Kebahagiaan sebagai mahasiswa transfer yaitu bisa bertemu teman-teman baru dari beberapa institusi DIII, ilmu yang didapatkan lebih banyak dan luas, dan tentunya lebih banyak menambah pengalaman. Tak dapat dipungkiri bahwa setiap tahun mahasiswa transfer dalam suatu perguruan tinggi berasal dari berbagai daerah, sehingga mahasiswa akan saling membaur. Ilmu yang didapatkan di DIII dulu dominan praktek, ketika sudah berada di jenjang S1 semua terasa harus dipelajari lagi karena ada banyak hal yang memang dipraktekkan namun materinya belum diperdalam.

Ketika berbicara suka tentu adapula duka di dalamnya. Di beberapa perguruan tinggi jadwal mahasiswa transfer biasanya lebih padat dibandingkan dengan mahasiswa regular, karena lamanya studi lanjutan sekitar 1-2 tahun. Jadi dalam kurun waktu tersebut mahasiswa transfer harus menyelesaikan semua mata kuliah yang belum pernah mereka dapatkan di DIII sebelumnya. Bukan hanya teori-teori yang belum didapatkan, beberapa praktikum yang tidak didapatkan pada DIII harus dilaksanakan di S1 untuk menyesuaikan SKS yang harus diambil pada perguruan tinggi yang bersangkutan. Padatnya jadwal tentunya membuat mahasiswa kewalahan mengatur jadwal. Jadi kalau teman-teman punya kenalan mahasiswa transfer jarang aktif di media sosial atau sudah datang jarang ke komunitas jangan heran mereka pasti sedang bergelut dengan tugas.

Untuk sobat iCampers yang sekarang ini duduk dibangku diploma jangan khawatir dulu karena semua kembali ke jurusan apa yang sobat-sobat ambil dan di perguruan tinggi mana kalian akan melanjutkan studinya.

Pada intinya belajar memang harus melewati berbagai tahap. Suka dan duka adalah pengalaman terbaik yang harus dijadikan pelajaran. Berjuang demi cita-cita bukan hanya berbicara soal siapa yang duluan dan siapa yang terbaik. Semua butuh proses dan dalam proses itulah kita bertumbuh.

Komentar



error: Konten dilindungi!