I Love You, Buku!

belajar

Terkadang suka jenuh gak sih? Baru ngeliat buku-buku nan tebal bikin males baca. Itu baru ngeliat loh belum nyentuh. Belum dibuka sama sekali. Rasanya mau ditumpuk aja buat dijadiin bantal hehe. Okay, ini cara terjitu biar kamu jadi cinta sama buku-buku super tebal ini dan sampai kamu bisa berkata “I Love You, Buku!”. Pokoknya resep ini bikin kamu ketagihan buat baca buku terus.

Motivasi

Saya selalu menyelipkan motivasi di urutan paling pertama dalam setiap tips yang akan saya berikan. Karena motivasi itu sangat penting dan fundanmental menurut saya. Karena tanpa motivasi, pasti akan malas untuk melakukannya. Jadi usahakan kamu punya motivasi yang kuat untuk selalu mengingatkan diri sendiri ketika mulai malas untuk melakukannya.

Mulai dari Buku-Buku yang Tidak Terlalu Berat

Ya, mulailah dari yang mudah dulu. Maksudnya dengan membaca buku-buku yang ringan seperti novel atau buku-buku motivasi. Dengan begitu perlahan-lahan akan tumbuh minat untuk membaca. Ketika kamu mulai mencintai untuk membaca, maka kamu akan haus untuk membaca buku-buku yang lainnya

Buat Waktu Baca Khusus

Coba luangkan waktu misalnya 10-20 menit untuk membaca sebuah buku. Makin lama makin dinaikan frekuensi bacanya. Eits, tapi jangan sampai keasikan baca hingga lupa sama tugas kuliah ya. Kalau kamu biasanya naik transportasi umum, coba luangkan waktu untuk membaca daripada ngomel-ngomel karena macet mending baca buku. Biar tahu-tahu gak sadar kalo sudah sampai tempat tujuan hehe.

Minta List Buku Terkenal

Nah ketika sudah benar-benar mencintai buku tahap selanjutnya adalah meminta list daftar-daftar buku terkenal dari dosen kamu. Karena dosen lebih tahu buku apa saja yang harus di baca oleh kamu. Dengan menggunakan list yang diberikan oleh dosen, rasa ketertarikan dan keingintahuanmu pun pasti lebih besar terhadap buku-buku tersebut.

Demikianlah resep mencintai buku, semoga dapat membantu kalian untuk menumbuhkan minat baca yang ada di dalam diri kalian. Sampai akhirnya kalian bilang “I Love You, Buku!”

Komentar



error: Konten dilindungi!