Apa Saja Sih Syarat untuk Lulus dari BINUS University?

binus-university

Ketika lulus dari bangku sekolah, masing-masing dari kita pasti memiliki rencana serta tujuan yang hendak dicapai. Meneruskan pendidikan dengan mendaftarkan diri ke perguruan tinggi adalah salah satu rencana yang cukup umum dipilih banyak orang. Saya yakin bagi yang memilih untuk menjadi mahasiswa/i pasti  mereka memiliki tujuan yang sama yaitu untuk dapat menimba ilmu sebanyak mungkin, mendapatkan nilai terbaik dan kemudian lulus dari universitas dengan gelar yang didambakan.

Perjalanan yang harus ditempuh untuk dapat lulus tentunya tidak mudah. Masing-masing dari universitas pasti sudah menetapkan standar tertentu untuk meluluskan para mahasiswa/i nya. Saat ini, mayoritas perguruan tinggi tidak hanya menilai kelayakan para mahasiswa/i untuk lulus hanya dari segi akademis saja. Tingkat partisipasi sosial maupun keaktifan seorang mahasiswa/i seringkali dilibatkan sebagai indikasi penilaian, begitu juga yang diterapkan BINUS University. Untuk dapat lulus dari BINUS, anda harus memenuhi syarat-syarat berikut:

1. IPK ≥ 2.00

Syarat utama kelulusan di BINUS dinilai dari segi akademis, yaitu perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang totalnya harus berjumlah di atas angka 2.00 jika seorang mahasiswa/i BINUS tidak mencapai angka tersebut, maka dia akan dianggap gagal karena tidak berhak megambil skripsi.

 

2. Min 146 SKS + Skripsi

Syarat kedua yang ditetapkan BINUS untuk kelulusan para mahasiswa/i nya masih dari segi akademis, yaitu mengacu pada jumlah SKS yang wajib dipenuhi selama kuliah minimal mencapai 146 SKS bagi program tunggal dan untuk program ganda akan disesuaikan pada jurusan serta angkatannya.

 

3. Min 120 Poin SAT

Syarat ketiga ini adalah syarat lanjutan yang akan menentukan mahasiswa/i untuk berhak mengikuti sidang skripsi atau tidak. SAT sendiri adalah Student Activity Transcript, yang merupakan rekam kegiatan ko- dan ekstrakulikuler yang diikuti mahasiswa/i selama kuliah di BINUS. Poin ini akan didapat mahasiswa/i ketika mereka berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang dapat meningkatkan Employability and Entrepreneur Skills (EES).

 

4. Min 30 Jam Kerja Kegiatan Sosial

Syarat terakhir dari BINUS juga merupakan syarat lanjutan yang akan menentukan mahasiswa/i untuk berhak mengikuti sidang skripsi atau tidak. Jam kerja kegiatan sosial atau yang lebih dikenal BINUSIAN dengan istilah jam sosial (jam-sos) akan didapat mahasiswa/i ketika mereka mengikuti kegiatan yang berkontribusi untuk membantu masyarakat atau lingkungan sekitarnya berbasis kompetensi yang dimiliki dan/atau melakukan aktivitas bersama Teach for Indonesia (TFI) BINUS.

Nah, bagi kalian para BINUSIAN jadi sudah tahu kan apa saja syarat-syarat yang harus kalian penuhi untuk lulus? Yuk diperhatikan keempat syarat diatas agar kalian dapat lulus tepat waktu sesuai janji yang diikrarkan pada saat inaugurasi, selamat berjuang!

Image result for wisuda binus

Komentar