4 Jurus Rahasia Pendamping Belajar untuk Meningkatkan IPK Kamu

mempelajari-berbagai-rumus-dan-kemungkinan

Sebagai mahasiswa yang aktif dalam ragam kegiatan kampus, meningkatkan kualitas akademik tentu saja menjadi salah satu prioritas utama. Dengan dosen yang killer, tugas kuliah yang seringkali harus diselesaikan dengan begadang, dan kesibukan di luar kelas yang tak menentu, membuat kamu yang masih aktif menjadi mahasiswa kesulitan untuk menemukan formula tepat untuk menjadi mahasiswa teladan.

Tapi tenang, kali ini kami akan mengulas beberapa jurus rahasia yang bisa membuat IPK kamu naik! Apa saja? Yuk simak, di bawah ini!

1) Cobain Audio-Learning

Metode ini cocok untuk kamu yang memiliki karakter belajar auditory. Sebuah penelitian dari Michigan State University menunjukkan bahwa metode belajar dengan mendengarkan atau dikenal dengan audio-learning juga dapat meningkatkan efektivitas belajar baik bagi mahasiswa yang memiliki karakter auditory maupun non-auditory.

Jika kamu ingin mencoba gaya belajar baru yang mungkin lebih efektif, kamu bisa rekam penjelasan dosen kamu di kelas, lalu dengarkan lagi di kosan atau di rumah secara berulang-ulang.

2) Isi Catatan dengan Tinta Berwarna

Michael Tipper, salah seorang peneliti cara kerja otak pernah menulis sebuah jurnal yang menunjukkan bahwa otak manusia dapat merespons lebih baik tulisan-tulisan atau karya visual yang terdiri lebih dari 3 warna. Dan warna dasar yang paling mudah diingat otak kita adalah Red, Green, dan Blue (RGB).

Dengan mencatat materi kuliah di catatan kamu dengan tinta warna-warni yang pulpennya bisa kamu beli di toko buku favorit, niscaya, kamu dapat mengingat materi kuliah dengan lebih mudah.

3) Tulis Ulang Catatan dengan Metode Mind Map

Salah satu peneliti cara kerja otak lainnya, Tony Buzan telah mengeluarkan metode efektif lainnya untuk meningkatkan performa otak manusia dalam mengingat hal, yakni dengan metode mind-map.

Metode mind-map adalah suatu metode dimana kamu mencatat setiap hal dengan cara yang lebih ilustratif.

4) Tepat Waktu

Bagi kebanyakan mahasiswa tepat waktu untuk hadir di kelas adalah hal yang paling menantang. Bayangkan, sehabis begadang mengerjakan tugas, tidur pukul 4 pagi lalu harus di kelas lagi pukul 8 pagi.

Dapat dicoba sebelum tidur, set alarm di jam kamu ingin bangun, misal pukul 6 pagi, lalu letakkan alarm handphone kamu di gelas, letakkan di dekat kasur. Cara ini super duper efektif untuk kamu tepat waktu hadir di kelas!

Sumber referensi: AnakUIdotcom

Komentar



error: Konten dilindungi!