6 Kategori Karier Paling Populer, Mana yang Cocok Untukmu?

web-developer-700x329

Bicara tentang dream career atau dream job memang tidak ada habis-habisnya. Banyak kasus di mana seseorang begitu yakin akan pilihan kariernya sejak kuliah atau bahkan SMA, lalu tiba-tiba saat sudah mulai bekerja menjadi ragu akan pilihannya.

Ini satu fakta yang harus kamu ketahui: pencarian karier impian tidak berhenti di pekerjaan pertama atau kedua. Pencarian karier impian adalah sebuah lifelong journey yang akan terus kamu lalui. Industri berubah dan kamu sebagai manusia juga terus tumbuh dan berkembang dari segi skill dan minat. Jadi, jika kamu saat ini memilih bidang karier tertentu, bukan berarti ke depannya kamu akan terus stay di bidang tersebut.

Namun, sementara itu, dari saat ini kamu sudah bisa memilah dan memilih kira-kira kategori karier mana yang cocok untuk kamu.

1) Arts & Humanities

Banyak dari kita yang sejak kecil bercita-cita menjadi aktor atau aktris film, penulis novel, musisi, dan profesi kreatif lainnya. Jika sampai sekarang kamu belum bisa melepaskan cita-cita masa kecil di bidang seni dan budaya, maka mungkin saja kamu ditakdirkan untuk berkarier di bidang Arts & Humanities. Kategori karier ini di antaranya mencakup pekerjaan-pekerjaan di bidang akting, komunikasi, kuliner, film, desain, sejarah, jurnalistik, musik, fotografi, dan kepenulisan.

2) Business

Karier di bidang business biasanya digemari oleh mereka yang kompetitif. Pekerjaan di industri seperti periklanan, perbankan, keuangan, asuransi, properti, dan konsultansi masuk ke dalam kategori bisnis. Biasanya, mereka yang bekerja di kategori karier ini memiliki kemampuan analisis atau selling yang baik. Jika kamu menyukai tantangan, kategori karier business mungkin cocok untukmu.

3) Computer

Teknologi bisa mengubah dunia: satu fakta ini tidak bisa dipungkiri. Perkembangan teknologi menyebabkan kategori karier Computer semakin menjadi incaran. Profesi seperti software engineer dan web developer semakin banyak dibutuhkan. Kalau kamu menyenangi segala hal berbau teknologi, dan memang senang “ngoding”, maka kategori karier Computer sepertinya cocok untukmu.

4) Education

Kalau kamu suka dengan segala hal yang berhubungan dengan personal development dan capacity building, ada kemungkinan kamu cocok berkarier di bidang Education. Biasanya, mereka yang berkarier di bidang ini senang dengan ilmu, serta senang membagikannya ke orang lain. Profesi di kategori karier ini tidak hanya terbatas pada profesi guru, tapi juga profesi seperti konselor dan pustakawan. Ingat lho, industri pendidikan merupakan industri yang tidak pernah mati, karena sampai kapan pun akan dibutuhkan.

5) Engineering

Kalau teman-teman kamu sering mendeskripsikan kamu sebagai “orang lapangan”, maka mungkin saja kamu cocok berkarier di kategori Engineering. Ada banyak pilihan profesi di kategori karier ini, mulai dari insinyur kimia, insinyur sipil, insinyur mesin, insinyur komputer, hingga insinyur elektro. Profesi sebagai insinyur bukan profesi yang main-main. Kamu harus melalui pendidikan dan pelatihan yang tepat, karena kamu tidak hanya harus memahami konsep sains secara kuat, tapi juga mampu mengaplikasikannya untuk menyelesaikan masalah

6) Public Service/Legal

Jika kamu senang menonton serial televisi seperti Law & Order, NCIS, atau Criminal Minds, mungkin pernah terbersit di pikiranmu untuk menjadi polisi, detektif, atau pengacara. Kategori karier Public Service/Legal menaungi profesi-profesi ini. Mereka yang berkarier di kategori ini biasanya adalah mereka yang peduli dengan keadilan dan keamanan masyarakat. Walaupun terdengar klise, tapi karier di Public Service/Legal memang cocok untuk mereka yang ingin menjadi “pembela kebenaran”. Profesi sebagai pekerja sosial serta corporate legal juga masuk ke dalam kategori karier ini.

Jadi, sudah tahu mana kategori karier yang cocok untukmu?

Sumber referensi: AnakUIdotcom, BukaPintudotco

Komentar



error: Konten dilindungi!