Tujuh Jenis Kegiatan yang Dapat Dilakukan Mahasiswa untuk Menambah Uang Saku

mengakses laptop

Sebagai anak kuliah, kalian pasti pernah merasakan yang namanya bermain ‘akrobat’ dalam pengeluaran sehari-hari. Ingin makan enak bersama teman-teman di akhir pekan? Harus rela sehari-hari cukup dengan mie instant. Ingin datang ke konser band favorit? Duh, biaya fotocopy bahan kuliah bulan ini sedang tinggi. Mengeluarkan biaya untuk organisasi  juga tidak jarang dilakukan demi menanggulangi kekurangan dana. Belum lagi kalau kita anak kosan? Aduh…. masa mau minta tambahan uang ke orang tua? Tengsin dong!

Daripada mengisi waktumu dengan menggalaukan keuangan saja, yuk mending berbuat sesuatu! Selain mendapatkan uang , beberapa tips di bawah ini bisa meningkatkan skill,  kreativitas, dan juga menambah pengalaman sebelum memasuki dunia kerja. So, Check It Out!

  1. Jual Kembali Buku Pedoman Kuliah Semester Lalu

Dalam satu semester, mahasiswa seringkali dibebankan dengan keharusan membeli banyak buku pedoman kuliah. Eh, ketika udah dibeli semua ternyata buku-buku ini hanya berguna untuk satu semester. Daripada dibiarkan menumpuk di sudut kamar, lebih baik kita jual kembali buku-buku tersebut kepada adik kelas. Tentunya kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa buku yang dijual tidak akan digunakan kembali pada semester berikutnya.

  1. Buat Hobimu Menghasilkan Uang

Pekerjaan paling indah di dunia ini adalah hobi yang dibayar. Gali lebih dalam bidang apa yang kamu senangi dan kuasai, dan cobalah buat hobimu bekerja untukmu. Senang menulis? Kirim tulisanmu ke majalah. Senang fotografi atau videografi? Coba pamerkan hasil karyamu melalui perlombaan atau situs resmi. Senang bermain musik? Coba cari kesempatan untuk manggung di café. Jangan pernah merasa bahwa hobimu tidak bermanfaat. Dimana ada kemauan disitu ada jalan, kok!

  1. Jadi Asisten Dosen atau Asisten Praktikum

Kalau kamu termasuk mahasiswa berprestasi, daripada mengisi perkuliahan dengan rutinitas kuliah, makan, tidur, dan ngerjain tugas, mendingan kamu mendaftarkan diri jadi asisten dosen atau asisten praktikum bagi mahasiswa jurusan tertentu. Selain mendapatkan kesempatan untuk lebih dikenal dosen, kamu dapat meningkatkan lingkung pergaulan kamu dengan adik kelas, kakak kelas, atau bahkan sesama dosen lainnya. Syukur-syukur kalau kamu kemudian diajak bergabung dengan proyek dosen. Wah, selain berguna untuk CV, uang jajanmu bertambah pula!

  1. Jadi Guru Les Privat

Satu lagi nih alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bagi mahasiswa yang cukup pede dengan prestasi dan kemampuan akademismu. Masa awal perkuliahan merupakan masa-masa adaptasi bagi mahasiswa tingkat awal. Mereka yang kesulitan dengan penyesuaian mata kuliah dapat menjadi sasaran bagimu untuk ditawarkan les privat. Tidak hanya untuk mahasiswa baru, kalau kamu masih ingat dengan mata pelajaran semasa sekolah tidak ada salahnya lho untuk membuka les privat untuk anak SD, SMP dan SMA. Keuntungan pekerjaan ini adalah waktunya yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan jadwal kuliahmu.

  1. Mengikuti Kompetisi

Rajin-rajin deh, untuk mencari informasi seputar kompetisi yang bisa kamu ikuti atau kamu minati. Kalau kamu cukup bangga akan kemampuan akademis, rajin-rajin lah untuk mencari informasi kompetisi kepada jurusan. Kamu juga bisa bergabung dengan organisasi mahasiswa yang seringkali mengikutsertakan anggotanya untuk mengikuti perlombaan antar universitas. Mengikuti kompetisi tidak hanya membentuk kamu menjadi pribadi yang kompetitif dan optimis, namun juga menjanjikan hadiah yang menggiurkan jika kamu menang.

  1. Menyewakan Barang

Kalau kamu cukup apik dalam mengoleksi barang tertentu, tidak ada salahnya untuk menyewakan koleksi pribadimu kepada rekan-rekan sesama hobi. Misalnya, kamu memiliki hobi fotografi dan gemar mengoleksi lensa DSLR dan berbagai jenis kamera. Sewakan koleksi pribadimu kepada rekan-rekan yang juga gemar melakukan fotografi namun belum memiliki cukup uang untuk membeli barang seperti kepunyaanmu. Meskipun begitu, langkah ini tetap harus diimbangi dengan tingkat kewaspadaanmu terhadap teman yang menyewa dan juga barang yang kamu sewakan. Kalau tidak, kamu bisa saja dimanfaatkan atau barangmu kembali dalam keadaan rusak.

  1. Pekerjaan Freelance

Banyak event umum di luar kampus yang seringkali membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk berpartisipasi di dalamnya. Memang sih, terkadang jatuhnya hanya sebatas relawan. Namun kalau kamu rajin mencari informasi dan diimbangi dengan soft skill kamu yang memadai, kamu akan menemukan event yang membutuhkan mahasiswa freelance dengan bayaran. Agar kemungkinan untuk mendapat kesempatan ini lebih besar, terlebih dahulu kamu harus memperluas jaringanmu dan jangan malas memulai pertemanan.

Nah, mudah dan fleksibel bukan?

Print

Komentar



error: Konten dilindungi!