Belajar Tentang Kehidupan Dari Novel Tentang Kamu Melalui Sosok Sri Ningsih

14719300_345214452494538_4362139802825392128_n

Mempelajari kehidupan itu memang tidak mudah. Pasti diantara kita sering bertanya ‘apa artinya hidup ini?’ tetapi jelas susah untuk menemukan jawabannya. Tetapi tak ada salahnya untuk mempelajari tentang arti kehidupan dari sebuah novel. Meski hampir setiap novel adalah sebuah hasil imajinasi seorang penulis, tetapi ada beberapa novel yang memiliki sebuah pelajaran yang dapat diambil dari keseluruhan cerita. Seperti halnya novel terbaru milik Tere Liye yang berjudul Tentang Kamu.

Tere Liye, nama yang tidak asing lagi di dunia pernovelan indonesia. Karya-karyanya yang sudah banyak menjadi Best Seller bahkan sudah ada beberapa yang difilmkan seperti Hafalan Shalat Delisa, Bidadari-Bidadari Surga, dan Moga Bunda Disayang Allah membawanya sukses menjadi salah satu novelist terkenal di Indonesia. Novel-novelnya yang berciri khas selalu mengambil tema tentang anak-anak dan sebuah kehidupan bahkan cinta membuat dirinya digemari oleh para pembaca.

Tere Liye baru saja mengeluarkan karyanya yang terbaru berjudul Tentang Kamu. Bercerita tentang seorang pengacara muda bernama Zaman Zulkarnaen yang bekerja di firma hukum Inggris bernama Thompson & Co. Dirinya mendapat mandat untuk mencari ahli waris seorang wanita bernama Sri Ningsih yang baru menutup usianya di Paris yang memiliki warisan sebanyak satu miliar poundsterling atau setara dengan 19 triliun rupiah. Akhirnya perjalanan Zaman untuk mencari ahli waris berlanjut dengan mengunjungi Pulau Bungin, Surakarta, Jakarta, Paris, dan London untuk mendengarkan cerita-cerita tentang Sri Ningsih sejak kecil hingga tua dari orang-orang terdekatnya sehingga dirinya bisa menemukan siapa ahli waris dari seorang Sri Ningsih.

Dari sinopsis diatas dapat terlihat bahwa cerita ini seutuhnya akan kita temukan sosok seorang Sri Ningsih yang memiliki warisan sebanyak 19 triliun rupiah. Novel ini benar-benar membuat para pembaca dapat mengambil sebuah pelajaran tentang kehidupan dari seorang Sri Ningsih yang terkadang berada diatas dan kadang berada pula dibawah. Sri Ningsih adalah sosok fiksional yang dapat memberikan pelajaran berharga tentang apa arti sebuah kehidupan. Dari kesenangan, kesedihan, kemunafikan, perjuangan, hingga kehilangan akan dibahas secara tuntas di dalam kehidupan seorang Sri Ningsih. Sehingga memungkinkan setelah membaca novel ini akan ditemukan jawaban tentang ‘apa sebenarnya sebuah arti kehidupan?’

Tere Liye sebagai penulis juga sudah mengemas cerita ini dengan terperinci. Bahkan di dalam ceritanya pun akan ditemukan sebuah sejarah tentang Jakarta dan pembataian massal tahun 1965-1966. Selain itu Tere Liye pun juga mengemas cerita ini dengan bahasa yang sangat sederhana sehingga pembaca tetap dapat terhanyut dalam cerita. Selain itu, dirinya juga mengajak kita untuk berkeliling negara dan kota hanya dengan membaca novel ini.
Sri Ningsih mungkin memang hanya seorang karakter fiksi hasil imajinasi seorang penulis Best Seller, Tere Liye.

Tetapi kehidupannya di dalam cerita imajinasi tersebut dapat diambil menjadi sebuah pelajaran tentang kehidupan yang terkadang kesabaran adalah kunci utama dalam kehidupan. Seperti kutipan dalam novel Tentang Kamu ini,
“Ketika kebencian, dendam kesumat sebesar apa pun akan luruh oleh rasa sabar. Gunung-gunung akan rata, lautan akan kering, tidak ada yang mampu mengalahkan rasa sabar. Selemah apa pun fisik seseorang, semiskin apa pun dia, sekali di hatinya punya rasa sabar, dunia tidak bisa menyakitinya. Tidak bisa.”

Jadi untuk kalian yang terus bertanya-tanya, apa sebenarnya arti kehidupan ini dan bagaimana kita bisa melewati rasa kesedihan dan cobaan yang bertubi-tubi, bisa mencoba untuk membaca novel Tentang Kamu ini. Tidak ada salahnya untuk belajar melalui novel, bukan?

Komentar



error: Konten dilindungi!