Apa Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi?

sosiologi-komunikasi

Bagi sebagian orang tua saat anaknya ingin masuk kuliah dan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi pasti berfikir bahwa apa sih yang akan dipelajari? kok komunikasi dipelajari sih? komunikasi mah ga perlu dipelajari, kan bisa dipelajari tanpa kuliah! Mau jadi apa kalau belajar Ilmu Komunikasi?

Nah, sebenarnya Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang multidisipliner. Maksudnya adalah ilmu yang dapat diterapkan disemua bidang. Dalam Ilmu Komunikasi, kita mempelajari cara menafsirkan pesan, menyampaikan pesan, serta memahami siapa lawan bicara kita. Meski terlihat sederhana, namun tidak sesederhana penerapannya.

Lalu, apa prospek kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi?

1.  Broadcaster

Mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi dapat menjadi broadcaster. Broadcaster bermain pada dunia penyiaran seperti di stasiun TV atau radio. Mereka menyampaikan informasi melalui berita yang berguna bagi masyarakat dan bisa menjadi sarana dalam mengkritik pemerintahan. Seorang broadcaster dalam dunia penyiaran dapat menjadi reporter, cameraman, copy writer, dll.

2. Jurnalis

Jurnalis mungkin sudah biasa didengar saat kalian menjadi mahasiswa karena di Kampus sering ada klub atau ukm yang bergerak dibidang koran kampus atau majalan kampus. Sama halnya di dalam bekerja, Jurnalis lebih dititik beratkan pada kempuan menulis yang singkat, padat, dan jelas. Dalam Ilmu Komunikasi, jurnalistik merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa. Kemampuan inilah yang diperlukan di media massa seperti majalah maupun surat kabar.

3. Announcer/ presenter / news anchor

Mahasiswa ilmu komunikasi diajarkan bagaimana menyampaikan pesan secara singkat, jelas, efektif, dan mampu menggali informasi sedalamnya dari narasumber. Keahlian ini diperlukan sebagai pembawa berita dan pembawa acara, karena mereka dituntut untuk cermat dalam berbicara dan fleksibel.

4. Public Relation atau Hubungan Masyarakat (Humas)

Humas sangat diperlukan oleh perusahaan, karena berperan penting dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat agar perusahaan tetap terjaga nama baiknya. Seorang Humas juga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam perusahaan dan dapat menyampaikan usulan-usulan apa yang harus perusahaan ambil. Terutama dalam mendapatkan kembali kepercayaan dari masyarakat.

5. Advertising/ Periklanan

Bagian periklanan memerlukan orang yang berasal dari Ilmu Komunikasi, karena dalam membuat iklan berkaitan dengan penyampaian pesan. Iklan harus sedemikian dikemas dengan singkat untuk menyampaikan informasi yang banyak. Sehingga orang-orang yang berasal dari Ilmu Komunikasi harus memikirkan stategi apa yang baik untuk menyampaikan informasi yang banyak tersebut dalam waktu singkat sehingga diingat oleh penonton.

6. Trainer

Yah, setiap perusahaan sering melakukan berbagai pelatihan bagi karyawannya untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Terutama perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan dan penjualan produk yang memerlukan banyak komunikasi sehingga diadakan pelatihan komunikasi. Di sinilah peran seorang lulusan ilmu komunikasi diperlukan, sebagai seorang ahli yang telah mempelajari bagaimana berkomunikasi yang baik,benar, dan efektif maka kita dapat memberikan pelatihan yang diperlukan dan dibutuhkan oleh para karyawan.

 

Sekarang, ketika ditanya oleh orang tua maupun orang sekitar, “Nanti lulusan Ilmu Komunikasi emang bisa kerja apa?” Kita dapat menjawab berdasarkan prospek kerja di atas. Sebenarnya masih banyak lagi prospek kerja bagi lulusan ilmu komunikasi sehingga tidak perlu khawatir bila tidak mendapatkan kerja ketika lulus nantinya. Hal yang utama adalah jujur dan bekerja keras.

 

Komentar



error: Konten dilindungi!