Dilema Mahasiswa Kura-kura (Kuliah kerja-kuliah kerja)

contoh-pertanyaan-wawancara-kerja-di-perusahaan

Mahasiswa akan dikenal popularitasnya apabila ia berprestasi,sering mengikuti lomba dan aktif berorganisasi. Kemampuan akademis berkesinambungan dengan softskill tentu jauh lebih bermanfaat dari popularitas. Banyak mahasiswa justru mengejar popularitas dengan alasan agar memiliki pergaulan yang luas, punya banyak teman, atau bahkan mengisi kekosongan waktu terutama mereka yang tinggal di kost-an.

5-pekerjaan-sampingan-dengan-bayaran-mahal

Salah satu tipe mahasiswa yang tidak kalah dengan si mahasiswa yang sibuk mengejar popularitas adalah mereka yang kita sebut mahasiswa kura-kura (kuliah keja- kuliah kerja). Yaps, tipe ini hampir diminati lebih dari 40% mahasiswa. Mereka termasuk golongan ‘workaholic’ penikmat kesibukan dan jauh dari keramaian. Mahasiswa tipe kuliah kerja mengejar tugas dan menomorduakan organisasi. Banyak dari mereka yang berangkat ke kampus hanya untuk mendapat materi kuliah,atau bahkan nekad hanya tandatangan daftar hadir.
panduan-cari-kerja-untuk-millenial_280x180

Luar biasa memang cara mereka mengatur antara waktu kuliah dan kerja. sering terjadi sakit hati karena tugas kelompok tidak dapat berpartisipasi dengan alasan ‘maaf ya ga bisa ikut, saya ada kerjaan!’ atau lebih sadis lagi,’eh saya liat tugas kamu,dong.’ dan terjadilah aksi copy paste massal yang menyebabkan mahasiswa kura-kura ini seakan tak bersalah dan mengganggap hal ini lumrah terjadi. padahal tuntutan untuk menjadi mahasiswa ideal adalah kejujuran. itulah hal pertama yang akan membentuk karakter secara alami.

Mahasiswa yang sibuk bekerja diluar jam kuliah, pastinya kurang penyegaran otak, artinya waktu luang yang mereka miliki sudah ditargetkan untuk bekerja. lantas kapan waktu untuk refreshing? Nah ini dia faktor yang menyebabkan banyak mahasiswa depresi atau bahkan jenuh karena kurang liburan. banyak waktu luang yang mereka lewatkan justru diisi dengan kesibukan bekerja, ditambah lagi tugas kuliah yang sudah diujung waktu batas, wah pasti merepotkan mahasiswa kura-kura ini.

Inti permasalahannya adalah bagaimana mahasiswa kura-kura menghadapi dua atau lebih permasalahan sekaligus? ini dia yang patut diacungkan jempol. Mereka yang bersosialisasi dengan masyarakat kampus juga memiliki jaringan di tempat kerja dengan karyawan atau rekan kerjanya.

dilema-di-antara-dua-pilihan-tawaran-kerja-5656eb14edc79

Mereka memiliki wawasan luas ditambah lagi penghasilan alias gaji yang mereka dapat membuat mahasiswa lain melirik kagum akan prestasi itu. Toh mereka yang hanya kuliah juga akan sama waktu wisudanya dengan mereka yang kuliah sambil kerja. jadi, apapun tipe mahasiswanya, cobalah untuk melihat apa potensi yang kita miliki, kembangkan dan jadilah mahasiswa yang berdedikasi dan pastinya punya keahlian dibidang masing-masing.

 

Komentar



error: Konten dilindungi!