Tips untuk Kalian Para Introvert

introvert-640x368

Halo sobat iCampers,

Kembali lagi iCampus Indonesia memberikan tips-tips menarik buat kalian semua. Ini dia tips buat kalian para introvert.

Dalam kehidupan bermasyarakat, tentu saja akan banyak sekali warna-warni dan beragam jenis manusia yang kita temukan, mulai dari yang super cheerful, super kalem, sampai yang tidak bisa diprediksi kepribadiannya.

Nah, seringkali kita yang introvert cenderung merasa minder dan inferior karena tidak seperti teman-teman ekstrovert yang dengan sangat mudah memberi pengaruh pada orang banyak. Akan tetapi tenang saja, teruntuk kamu yang introvert, jangan pernah minder, karena diri kamu itu sangat berharga.

1) Kamu memang tidak suka show off di depan publik, tapi kamu harus percaya bahwa kamu punya kelebihan lain yang juga jauh lebih hebat.

Banyak orang yang mengatakan bahwa orang yang tidak suka show off, atau istilahnya “nampang” di depan publik itu tidak kelihatan dan tidak berkontribusi apa-apa, padahal si introvert ini hanya lebih senang bekerja di balik layar agar tidak terlalu mendapat perhatian banyak sama orang-orang. Tidak terlihat oleh masyarakat saat kerja bukan berarti introvert itu tidak memiliki kontribusi apa-apa di masyarakat, loh.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika si introvert ini kurang suka untuk show off di depan publik, pasti tentu ada kelebihan lain yang dimiliki olehnya dan bisa saja itu jauh lebih hebat; seperti menulis, menggambar komik, ngoding, dan lain sebagainya. Jangan salah, introvert ini kalo masalah totalitas gaspol, loh!

2) Tidak nyaman berada dalam kerumunan orang banyak pada saat pesta bukan berarti kamu minder dan kuper, kamu hanya lebih senang menyendiri untuk mendapatkan energi.

Para ekstrovert dapat dengan mudah begitu saja membaur dengan banyak orang. Sebaliknya, mereka yang introvert cenderung sulit untuk membuka diri dengan orang baru dan bercerita banyak hal, mereka suka bingung sendiri apa yang harus dilakukan saat berada di kerumunan banyak orang; sehingga mereka lebih senang sendirian, tidak terlihat banyak orang, dan bisa lebih bebas berekspresi.

3) Bukan sombong atau tidak ingin berbagi, tapi kamu lebih senang menjadi pendengar yang baik saja dibanding harus bercerita ini itu.

Balik lagi ke sifat introvert yang sulit untuk membuka diri. Mereka bukan sombong, tidak ingin berbicara atau bercerita, tetapi mereka hanya akan bercerita jika benar-benar perlu diceritakan, itu pun hanya dengan orang-orang terdekat yang mereka percaya.

4) Jika kamu banyak diam, bukan berarti kamu bingung dan tidak tahu harus melakukan apa; kamu hanya sedang berpikir jauh lebih dalam.

Kebiasaan lain dari kebanyakan introvert adalah overthinking. Mungkin kebanyakan orang berpendapat jika orang yang hanya diam saja itu tidak memikirkan apa-apa, padahal sejatinya di dalam kepala mereka berputar-putar berbagai macam pikiran yang bahkan tidak terpikirkan orang extrovert. Seorang introvert itu cenderung memikirkan baik dan buruknya suatu hal dengan sudut pandang yang luas dan lebih dalam.

5) Jangan dengarkan orang berkata apa, berkaryalah sebebas mungkin dan sebanyak yang kamu bisa.

Terakhir buat kamu yang introvert, jangan pernah minder. Terserah orang mau bilang kamu freak, tidak jelas, kuper, cupu, ansos atau apa pun ejekan dan pandangan jelek mereka tentang kamu, tetaplah menjadi dirimu sendiri selama kamu nyaman dan berkayaryalah sebebas serta sebanyak mungkin selama itu dalam hal yang positif. Tidak boleh ada yang membatasi kamu dalam berekspresi dan berkarya. Sesusungguhnya keseluruhan diri kamu itu berharga.

Sumber referensi: AnakUIdotcom

Print

Komentar



error: Konten dilindungi!