Ketahuan Menyontek di BINUS, Akan di Drop Out

23 aksi mencontek keterlaluan

Menyontek bukanlah hal yang asing bagi kita, sejak duduk di bangku sekolah dasar pun saya yakin kita sudah sering diajarkan untuk tidak melakukannya. Tidak hanya guru di sekolah, orang tua di rumah pun pasti pernah menyampaikan pesan sederhana ini. Namun sayangnya, sebagian mahasiswa/i masih menjadikan menyontek sebagai hal yang lazim, dalam artian ini mereka masih sering melakukannya meski sudah tau bahwa menyontek bukanlah perilaku yang baik.

BINUS University sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang paling berkembang di Indonesia pun sangat menentang aksi menyontek. Hal ini dibuktikan dengan keseriusannya mengeluarkan Peraturan Tata Tertib Kehidupan Kampus (PTTKK) baru No.1426/SK/PTTKK-UBN/VII/2016 yang mengatur tentang sanksi yang diberikan atas pelanggaran etika akademik.

Ketentuan sanksi ini berbunyi: ”Setiap Mahasiswa yang melanggar etika akademik dalam bentuk plagiarisme, menyontek dan/ atau melakukan tindakan yang termasuk kedalam perbuatan kecurangan dalam mengerjakan ujian dikenakan sanksi diberhentikan sebagai Mahasiswa (dropout).”

Peraturan ini mulai diberlakukan pada tahun akademik 2016/ 2017 bagi seluruh mahasiswa (Binusian 2020 dan sebelumnya) program Regular, Global Class, Binus University International dan Online Learning, yaitu mulai dari pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) periode semester ganjil 2016/ 2017 bagi mahasiswa program D3/ D4/ S1, dan mulai pada ujian yang diadakan di semester ganjil 2016/ 2017 bagi mahasiswa S2 dan S3.

Dengan diberlakukannya peraturan baru ini diharapkan dapat memberi efek jera bagi para mahasiswa/i untuk tidak menyontek dalam ujian. Mengingat sanksi yang diberikan terdahulu masih kurang efektif dalam menghindari mahasiswa/i dari aksi menyontek. Dimana sanksi sebelumnya bagi para pencontek adalah diberi nilai 0 serta dicantumkan data dirinya berupa nama, NIM, serta  motif aksi menyonteknya di papan informasi setiap kampus.

Image result for menyontek dropout binus

Komentar



error: Konten dilindungi!