Festival Budaya Nusantara (Fesbudnus), Acara Budaya di PKN STAN

acara-budaya-pkn-stan

Sebagai sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan, Politeknik Keuangan Negara STAN punya mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia. Hari minggu kemarin, tanggal 13 November 2016, PKN STAN menggelar acara puncak dari Fesbudnus, Festival Budaya Nusantara. Acara ini menghimpun semua budaya dari seluruh penjuru Indonesia. Yang menarik, Fesbudnus tahun ini diselenggarakan bersamaan dengan Reuni Akbar sehingga selain penuh dengan stand berisi budaya Nusantara, stand-stand instansi dan alumni pun turut memenuhi PKN STAN.

Sehari sebelumnya, pembukaan acara puncak Fesbudnus diisi dengan berbagai tarian daerah. Setelahnya penampilan final PPN, Putra Putri Nusantara. Selain menampilan budaya dari daerah masing-masing, juga ada sesi tanya untuk PPN yang masuk final yang berhubungan dengan budaya dan pemuda. Penampilan terakhir adalah finalis Gandariya, yaitu penampilan budaya dari daerah masing-masing. Kalau PPN hanya menampilkan budaya dengan fokus kepada dua orang, Gandariya menampilkan budaya dalam sebuah tim.

Di hari puncak, setelah mengawali pagi dengan berbagai hiburan dari mahasiswa PKN STAN, waktunya menghibur mahasiswa dan alumni PKN STAN dengan budaya. Ada acara kirab, yaitu pawai budaya. Disini setiap daerah pawai dengan menggunakan atribut masing-masing daerah dan diiringi oleh yel-yel khas.

Setelah kirab selesai, waktunya berkeliling stand. Bagi yang penasaran dengan budaya ataupun mau mencicipi masakan khas daerah, banyak stand dari mahasiswa daerah yang bisa didatangi. Untuk yang penasaran dengan instansi di Kementerian Keuangan atau ingin mengenal lebih dalam siapa saja orang yang berada di jurusannya bisa mendatangi stand instansi terkait atau stand alumni.

Menjelang penutupan acara, Bintaro dan sekitarnya diguyur hujan lebat. Tapi semangat fesbudnus belum padam. Sebagai Organda (Organisasi Daerah) terbudaya, untuk tahun ini yang terpilih adalah Bali. Dengan terpilihnya Organda terbudaya, berakhirlah serangkaian acara fesbudnus. Mahasiswa kembali ke rutinitas. Tapi, bersiaplah dengan kejutan-kejutan budaya untuk fesbudnus tahun depan.

Komentar



error: Konten dilindungi!