5 Tips Sebelum Menghadapi Ujian Akhir Semester bagi Mahasiswa Baru

snap-2015-12-19-at-14-01-50

Halo iCampers, bagi kalian mahasiswa baru yang sebentar lagi menghadapi UAS (Ujian Akhir Semester) di kampus untuk pertama kalinya mungkin tulisan ini akan sedikit membantu, karena ujian akhir semester di dunia perkuliahan pastinya akan berbeda dengan ujian semester di sekolah dulu, jadi apa aja tipsnya? Simak baik-baik ya!

1. Pahami Karakter Dosen

Mungkin kalian bertanya-tanya apa sih hubungan antara ujian akhir dan karakter dosen ? Jadi pada dunia perkuliahan, karakter dosen sangatlah menentukan Nilai kalian selain kemampuan kalian sendiri, kenapa? Karena dosen memiliki karakter yang berbeda – beda oleh karena itu kalian harus memahami terlebih dahulu karakter dosen kalian, misalnya jika ada salah satu dosen mata kuliah yang mempunyai karakter teks book (Setiap Kata dan Kalimat harus sama dengan di Buku) maka untuk mendapat nilai bagus saat ujian kalian harus menjawab Soal Ujian mata kuliah tersebut sesuai dengan Buku, karena jika kalian mengarang bebas kata – katanya meskipun jawaban kalian sesuai tetap akan disalahkan oleh Dosen yang bersangkutan.

2Belajar Retorika

Bagi kalian yang tidak tahu apa itu retorika maka silahkan buka KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Retorika sangatlah penting saat kalian menjalani dunia perkuliahan karena dengan memiliki kemampuan retorika yang bagus tentunya kalian akan mudah dalam menjelaskan suatu hal kepada sesama teman maupun dosen, lalu hubungan retorika dan ujian akhir semester adalah jika kalian yang jurusan non eksata maka retorika akan sangat menentukan nilai kalian pada ujian akhir karena pada saat ujian biasanya kalian akan mendapat soal yang lebih menuntut kalian untuk menganalisis suatu contoh kasus dan menjelaskan hasil analisis contoh kasus itu pada lembar jawaban ujian. Jika analisis kalian bagus dan penuh retorika yang baik maka dapat dipastikan nilai kalian akan memuaskan.

3. Belajar Bersama
 
Saat menjadi Mahasiswa teman adalah orang yang sangat menentukan nasib kalian pada saat menjalani perkuliahan karena dengan memiliki banyak teman maka kalian akan lebih mudah dalam menjalani perkuliahan, salah satunya adalah pada saat menjalani ujian. Nah bagi kalian mahasiswa baru jangan sungkan untuk mengajak teman-teman kalian belajar bersama untuk persiapan menghadapi ujian akhir karena dengan belajar bersama kalian bisa saling berbagi pengetahuan dan tentunya kalian akan lebih mudah dalam memahami sesuatu karena akan dibantu oleh teman kalian yang lebih tahu.
4. Siapkan Mental
 
Mental adalah salah satu unsur penting yang juga menentukan nilai kalian di semester pertama kalian kuliah, karena jika mental kalian tidak siap maka kalian akan kaget dengan sistem ujian di kampus karena biasanya ujian dikampus akan lebih sulit karena menuntut kalian untuk menganalisis soal kemudian menjabarkan hasil analisis kalian dalam bentuk jawaban dikertas. Bahkan kadang – kadang juga pengawas ujian akan membuat mental kalian turun karena dia sangat ketat pada saat mengawasi ujian sehingga membuat kalian untuk bergerakpun sulit, jadi siapkan mental ya teman – teman.
5. Jangan Lupa Berdoa
Ini adalah hal yang paling penting dari semua tips diatas karena dengan berdoa kalian akan mendapatkan ketenangan lahir maupun batin untuk menghadapi ujian dan mendapatkan hasil yang maksimal, jangan sekali-kali lupa berdoa ya teman – teman.
Nah itu tadi beberapa tips untuk kalian para mahasiswa baru yang akan menghadapi ujian semester beberapa saat lagi, semua hasil ditentukan oleh diri kalian sendiri jadi diri kalian lah yang akan menentukan bagus atau tidaknya indeks prestasi kalian pada semester awal ini.
Semoga Membantu.

Komentar



error: Konten dilindungi!