Menulis yang Baik adalah Awal Pekerjaan yang Baik

9a37a830529c4fd742e271ab379179b7t506dd73

Arus globalisasi telah sampai pada tahap peradaban manusia dari zaman prasejarah sampai dengan zaman modern. Cerita hanyalah tinggal cerita, ketika berbicara tentang sejarah peradaban dunia. Namun dengan goresan tinta, sejarah itu pun dapat terabadikan dengan tulisan.

Pada dasarnya manusia terlahir dengan ilmu pengetahuan secara alami yang sangat komplit, termasuk kemampuan menulis. Hal ini dibuktikan dengan adanya simbol-simbol dan gambar di dinding-dinding gua serta relief peninggalan zaman prasejarah.

Betapa besarnya kekuatan dari sebuah tulisan sehingga melahirkan peradaban ini. Bahkan secara hukum apapun didunia ini harus dibuktikan hitam diatas putih sebagai tanda yang sah sesuai dengan apa yang disepakati. Menulis ada hal yang paling terbaik, sehingga Jhon Keats mengungkapkan “Menulis yang baik adalah awal pekerjaan yang baik”.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menulis dan siapapun bisa menulis tanpa memandang status sosial. Karena segala sesuatu hal butuh perencanaan yang sangat baik sehingga menghasilkan hasil yang lebih maksimal dan hal yang terbaik adalah menuliskan ide dan gagasan tersebut agar tidak mudah terlupakan.

Menulis adalah pekerjaan yang sangat mulia. Karena dengan menulis dapat membangun kedekatan emosinal terhadap sosial. Berikut ini 4 tujuan dari menulis :

  1. Menginformasikan (To Inform)

Menulis merupakan sarana untuk menginformasikan peristiwa-peristiwa ataupun hal-hal yang dianggap penting untuk dipublikasikan di media massa sebagai pemberitaan dan informasi untuk diketahui oleh masyarakat.

  1. Mendidik (To Educate)

Dalam dunia pendidikan, tulis menulis menjadi sebuah esensi yang tak dapat dipisahkan. Karena tulisan meningkatkan ilmu pengetahuan dan mendorong perkembangan intelektual, membentuk watak serta meningkatkan keterampilan.

  1. Menghibur (To Entertaiment)

Tulisan juga merupakan sebagai salah satu media penghibur untuk pembacanya. Biasanya jenis tulisan yang menghibur seperti tulisan fiksi yakni novel, cerpen, puisi dan tulisan ringan lainnya. Dengan menulis juga, dapat berpikir bebas dan kreatif untuk menyalurkan aspirasi serta minat dan bakat.

  1. Memberikan Respons Sosial ( To Social Responsibility)

Seiring perkembangan waktu banyak sekali fenomena, peristiwa bahkan penyimpangan sosial yang terjadi dimasyarakat. Namun dengan menulis seperti dimedia massa ataupun media lainnya penulis dan pembaca dapat saling interaktif memberikan informasi dan menanggapi suatu kejadian serta berbagi solusi dan tindakan yang nyata.

Saatnya menuliskan apa saja yang diketahui baik setelah, sedang dan sebelum peristiwa. Saling berbagi ilmu pengatahuan dan pengalaman untuk kemaslahatan ummat. Menulis juga hal yang sangat menyenangkan disisi lain menulis bagian dari sekedah ilmu. Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasulluah SAW bersabda :

Jika seseorang meninggal dunia, maka putuslah semua amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak sholeh. (HR Muslim)

Komentar



error: Konten dilindungi!