Ayo Melukis Indonesia dan ASEAN bersama IDEAS

dipop

Salam Budaya! Pada tanggal 15 – 18 November 2016 Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan internasional bernama IDEAS. Apa itu IDEAS? IDEAS (International Diponegoro Annual Summit) adalah serangkaian kegiatan yang di adakan oleh Universitas Diponegoro dalam rangka menyelesaikan program kerja BEM Undip tahun 2015 – 2016. Jadi, bisa dikatakan bahwa IDEAS merupakan acara puncak dari seluruh kegiatan yang dirancang oleh BEM Undip. BEM Undip sendiri memiliki visi “Semangat Undip Melukis Indonesia dan ASEAN” sehingga, IDEAS pun dikemas dengan tujuan yang sama yaitu untuk menghadirkan mahasiswa diseluruh ASEAN untuk bersama-sama berkreatifitas dan berinovasi untuk Indonesia dan ASEAN. Pesertanya sendiri merupakan kalangan mahasiswa yang masih aktif kuliah di seluruh universitas yang ada di ASEAN. Wow pastinya seru kan?

Pada hari pertama para peserta mengikuti seminar internasional yang bertema “Create and Rise Up the Spirit of Young Enterpreneurs to face ASEAN Economics Community”. Seminar ini di hadiri oleh 4 pembicara, yaitu:

  1. Nur Rokhmah Hidayah (Keynote Speaker). Kasubdit Perindustrian dan Perdagangan, Direktorat Ekonomi ASEAN
  2. Parijono, S.E., MPP., PH.D. Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro BKF
  3. DJAP TET FA. Direktur FIF Group ASTRA Indonesia
  4. WEMPY DYOCTA KOTO. CEO dari Wardour and Oxford

Sebelum memulai seminar, Ibu Hervearita sebagai perwakilan dari walikota semarang membuka seminar dengan memukul Gong dan mempresentasikan tentang “Importance of Enterpreneurship Needs to be Developed Because of Limited Employment”.

This International Conference is a Symbol of Indonesia to Share, to gather and to experience in facing ASEAN Economic Community. – Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA ( Wakil Rektor Universitas Diponegoro)

Setelah seminar internasional selesai para peserta diberangkatkan menuju Bukit Amanda, Bandungan, untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yang bernama DIMS (Diponegoro International Multidiciplinary School). DIMS sendiri merupakan forum diskusi yang bertema “Water, Food and Energy for Economy Nexus”. Peserta juga disuguhkan dengan alunan musik yang dibawakan oleh PSMT Universitas Diponegoro. Selain itu, para delegasi mengunjungi Candi Gedong Songo untuk mempelajari tentang Energi Geotermal. Mereka juga mengunjungi Sam Poo Kong yang terletak di Semarang

Lalu serangkaian acara tersebut ditutup dengan festival ASEAN  bernama HI – FIVE di Citra Grand Semarang. Di sana para delegasi dihibur dengan penampilan Tari Kerinci dari Perkumpulan Keluarga Mahasiswa Jambi di Semarang, Tari Jordania, Band Savory, Tari Warak, Tari Piring (Minangkabau), Tari Angke, Flashmob dan masih banyak lagi kawan. Keren kan? Buat kalian yang penasaran seperti apa kegiatan tersebut, kalian dapat melihat video after movienya di Youtube https://www.youtube.com/watch?v=Ywlrk29RLvA

~ Salam Budaya ~

Komentar



Leave a Reply

error: Konten dilindungi!